Pemilik Rekening 0922-0100-4732-504 Catut Nama Kepala BKD Bengkayang


Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

Bengkayang, BERKAT.

Menyerahkan Sejumlah Uang Bisa Dapat SK CPNS..??

Menyerahkan Sejumlah Bisa Dapat SK CPNS..??

Meski formasi yang disediakan hanya sebanyak 78, namun hal itu tak menyurut animo para pencari kerja untuk melamar sebagai Calon PNS di Lingkungan Pemda Bengkayang tahun 2013 ini, setidaknya lebih 2 ribu orang yang telah “menitipkan” ijasah ke panitia. Banyaknya pelamar yang mendaftarkan diri tersebut ternyata dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggungjawab guna meraih keuntungan pribadi. Modusnya, dengan dalih menyerahkan mahar berkisar Rp.5 – Rp.55 Juta, oknum pemilik nomor rekening 0922-0100-4732-504 menjanjikan dapat meloloskan seseorang pelamar sebagai CPNS. Tujuan calon korban oknum ini tidak hanya bagi para pelamar jalur umum, melainkan juga bagi tenaga Honorer Kategori 2 (K-2). Agar lebih menyakinkan lagi, pemilik nomor rekening tersebut mengatasnamakan bahwa dirinya adalah Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bengkayang.

Aksi inipun lantas membuat Kepala BKD Bengkayang, Drs. Lorensius berang. Melalui Wartawan BERKAT, mantan Kepala Disdukcapil itu dengan tegas menyatakan apabila dirinya tidak pernah menjanjikan sesuatu kepada pelamar CPNS Bengkayang termasuk dengan menyetor sejumlah uang agar si pelamar dapat diterima. Ia juga menyebutkan apabila aksi oknum yang mengaku sebagai Kepala BKD ini sudah terdengar semenjak satu minggu lalu.

“Saya mengetahui adanya ulah oknum ini dari para pelamar umum maupun honorer kategori 2 yang berasal dari berbagai kecamatan,” ungkapnya. Selain membantah terlibat dalam aksi penipuan itu, Alumnus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (ISIP) Untan ini juga menghimbau kepada para pelamar maupun honorer kategori 2 serta seluruh elemen masyarakat agar jangan pernah mempercayai aksi-aksi yang dilakukan oleh oknum tertentu yang menjanjikan dapat meloloskan mereka sebagai CPNS. Dikatakannya, bahwa pola rekruitmen CPNS sudah ada aturannya sehingga tidak ada alasan bagi para pelamar untuk mempercayai modus penipuan seperti itu.

“Bila perlu, jika ada oknum yang menawarkan hal seperti itu, sebaiknya langsung buat laporan kepada aparat kepolisian,” tandasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s