Puskesmas Lumar Lakukan Fogging di Sekinyak


Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

image

Bengkayang, BERKAT.

Mengantisipasi kemungkinan menyebarnya wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah kerjanya, Sabtu (8/9), sekira pukul 10.00 WIB, pihak Puskesmas Lumar melakukan fogging atau penyemprotan asap guna membasmi nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit Malaria atau DBD di RT. Sekinyak, Desa Belimbing.

Fogging dilakukan di rumah salah seorang warga Sekinyak yang mana akhir bulan Agustus lalu terdeksi sebagai tersangka pasien penderita DBD. Selain itu, fogging juga dilakukan pada rumah-rumah warga yang berdekatan dengan rumah tersangka, yakni dengan radius sekitar 100 Meter.

“Meski saat ini si Pasien telah pulih, tindakan ini (fogging) tetap kita lakukan guna mengantisipasi menyebarnya wabah DBD lebih luas lagi,” demikian ungkap Kepala Puskesmas Lumar, Darmadi, S.Km kepada Wartawan ini.

Perlu diketahui, pada hari Jumat, 28 Agustus yang lalu, berdasarkan hasil penelitian laboratorium petugas Puskesmas Lumar dengan tindakan Penyelidikan Epidemiologi (PE) terhadap pasien asal Sekinyak, ditemukan bahwa kondisi kesehatan Pasien tersebut sangat meragukan. Dimana didalam tubuhnya diduga terdapat virus DBD. Oleh karena itu, guna mendapatkan penanganan yang lebih lanjut, maka dikirimlah hasil penelitian laboratorium tersebut kepada pihak Dinas Kesehatan Bengkayang. Sedangkan bagi pasien, kondisi itu membuatnya dijadikan sebagai tersangka DBD (belum positif) dan langsung dirujukkan ke Rumah Sakit Serukam.

“Setelah tiga hari ditangani di RS Serukam, akhirnya pasien sudah bisa kembali,” sebut Darmadi.

Terdeksinya tersangka DBD ini menurut Darmadi merupakan yang pertama kali dalam riwayat penanganan DBD di Puskesmas Lumar. Maka, ketika ketika hasil laboratorium diketahui, pihaknya langsung mengambil langkah cepat penanganan. Sebab apabila lambat, akibatnya akan fatal sekali.

“Penyebaran virus DBD ini sangat cepat. DBD merupakan wabah, satu orang terkena maka akan cepat menular pada siapa saja melalui gigitan nyamuk Aedes,” jelasnya. Dan itulah yang menjadi alasan pihak Puskesmas Lumar melakukan fogging di Sekinyak, Desa Belimbing. Selain fogging, guna mengantisipasi munculnya penyakit Malaria maupun DBD, Darmadi juga menghimbau kepada warga agar selalu memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar, mampu menerapkan pola 3 M (Menguras, Menutup, Mengubur), menghindar gigitan nyamuk serta menerapkan pola hidup bersih.

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s