SMK Perbatasan Hadir Ditengah Masyarakat


Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

Bengkayang, BERKAT.
AgustiawanBagi masyarakat didaerah perbatasan Bengkayang-Malaysia, yakni yang berada di Kecamatan Jagoi Babang, Seluas dan Siding mulai Tahun Ajaran 2013/2014 ini sudah tidak perlu susah lagi untuk mencari lembaga pendidikan terdekat khususnya bagi yang hendak melanjutkan pendidikan di sekolah menengah atas. Ini karena, mulai TA 2013/2014 telah hadir Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Perbatasan, tepat berada di Dusun Risau, Desa Jagoi.

“Tahun ini merupakan penerimaan bagi siswa angkatan I dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang dan semua berasal dari tiga kecamatan di perbatasan,” sebut Kepala SMK Perbatasan, Agustiawan, S.Pd, Kamis (18/7) di Bengkayang.

Jumlah tersebut terdiri dari 13 Siswa, sisanya 6 siswa perempuan. Dikatakannya, untuk angkatan pertama ini, pihak sekolah hanya menempatkan satu jurusan. Yakni jurusan Teknologi Informasi (TI).

Digambarkan, untuk saat ini, kondisi SMK Perbatasan masih terdiri atas tiga ruang kelas, laboratorium dua ruang (komputer dan bahasa), WC siswa dan guru delapan unit. Sedangkan tenaga pendidik terdiri dari 12 orang, empat PNS dan delapan honorer.

“Kedepan SMK ini diharapkan dapat menjadi lembaga pendidikan yang mampu mengakomodir generasi muda didaerah perbatasan yang ingin mengenyam pendidikan kejuruan,” jelasnya.

Disamping itu, Ia juga mengatakan apabila sekolah ini akan dijadikan sebagai gambaran dunia pendidikan Indonesia terhadap dunia luar, khususnya negara tetangga.

3 Comments

  1. Bung Kris, coba angkat juga pembangunan infrastruktur di Kecamatan Monterado, khususnya di Desa Siaga – Nyempen. Jalan rusak, jembatan berlobang, parit jalan (drynase) tak ada.
    mohon diangkat agar dilirik (apalagi ditanggapi) oleh Pemkab Bengkayang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s