Penggunaan Dana PNPM Pedesaan Dinilai Tak Transparan


Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

Bengkayang, BERKAT.

Pemanfaatan dana yang berasal dari Program PNPM-Mandiri Pedesaan untuk pembukaan badan jalan Sayung, Desa Dharma Bhakti, Teriak menuju Kelampe dinilai tak transparan. Akibatnya, dana sebesar Rp.232 juta yang dikelola tidak diketahui masayarakat banyak sejauh mana peruntukkannya. Hal ini disampaikan langsung oleh salah seorang warga, Andi, SE kepada Berkat baru-baru ini.
Menurutnya, Tim Pengelola Kegiatan (TPK) sebagai pelaku program di desa yang ditunjuk dan di pilih oleh Kades, Unit Pengelola Kecamatan (UPK), Pengelola Keuangan dari bank dunia, Musyawarah Desa Serah Terima (MDST) itu sampai saat ini belum menyampaikan laporan hasil kegiatan kepada masyarakat.

“TPK wajib mengadakan musyawarah pertanggungjawaban mengenai bagaimana jalannya program sehingga bisa diketahui apakah program yang dilaksanakan dapat diterima oleh masyarakat atau tidak,” terangnya.

Akibat tidak transparannya penggunaan anggaran, Andi menduga dalam pengelolaan kegiatan telah terjadi penyelewengan, pasalnya, Anggaran untuk penggusuran sebesar Rp.114 juta, namun yang dibayarkan hanya sebesar Rp.103 juta. Juga barau kayu yang harus dibeli 4202 batang, ternyata yang dibeli hanya 2000 batanh.

“Secara logika itu sudah menunjukkan adanya upaya melakukan korupsi,” terangnya.

Disamping itu, Andi juga memaparkan proses pemeriksaan pembukuannya TPK di bendahara ada 11 juta, terabdet 7 juta, padahal setiap pencairan TPK dpt 3 persen dari dana pencairan, jadi karena adanya dana yang terpakai oleh bendahara akhirnya dana 3 persen itu di tahan oleh UPK sampai sekarang masalah itu tidak jelas. Juga tidak mau diselesaikan oleh Kades, karena setiap program ada surat perjanjian yg di setujui oleh kades jadi kesalahhan TPK itu ataupun pekerjaan TPK itu sudah disetujui oleh Kades, makanya Kades juga takut untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Mau salahkan TPK, tapi perjanjian kerja TPK itu di setujui oleh kades,” tandasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s