Panwaslu Bengkayang Benahi Sekretariat dan Rekrut Panwascam


Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

Bengkayang, BERKAT.

Seorang Pendaftar Anggota Panwas Kecamatan menyerahkan berkas. Pemilu 2014

Seorang Pendaftar Anggota Panwas Kecamatan menyerahkan berkas. Pemilu 2014

Setelah dilantik 14 Juni yang lalu, anggota Panwaskab Bengkayang, mulai mempersiapkan diri menyambut berbagai tahapan Pemilu Legislatif yang telah lama berlangsung. Diantaranya adalah dengan mempersiapkan ruang Sekretariat serta melakukan perekrutan anggota Panwas Kecamatan.

Untuk ruang Sekretariat, jika pada Pemilu Gubernur 2012 lalu eks kantor Lurah Sebalo yang digunakan, namun kini Sekretariat Panwaskab Bengkayang berpindah alamat di Jalan Sanggau Ledo, tepat berada berhadapan dengan Perumahan Pemda. Sekretariat tersebut merupakan sebuah Rumah Toko (Ruko).

“Ruang Sekretariat sudah ada, saat ini sedang diusulkan para pegawainya ke Pemda Bengkayang, mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah terpenuhi,” terang Ketua Panwaskab Bengkayang, Eddy S.,SH kepada BERKAT baru-baru ini diruang kerjanya. Adapun pegawai yang dimaksud yakni Kepala Sekretariat, Bendahara dan PPATK, sesuai dengan apa yang telah diamanahkan dalam UU Nomor 15 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Pemilu khususnya pada Pasal 125 Ayat 2 huruf (a).

Sementara itu, agenda terdekat lainnya yang sedang dilaksanakan oleh Panwaskab adalah melakukan perekrutan terhadap anggota Panwas Kecamatan di 17 Kecamatan yang ada di Bengkayang.

“Perekrutan sudah kita buka mulai tanggal 26 Juni kemarin dan akan ditutup pada 3 Juli ini,” sebutnya.

Para anggota Panwascam yang direkrut tiap kecamatan hanya sebanyak tiga orang melalui seleksi. Nantinya, anggota yang terpilih akan membantu kinerja Panwaskab di daerah masing selama pelaksanaan Pemilu.

Dengan kondisi berbenah tersebut, dijelaskan apabila perlengkapan kantor masih menggunakan inventaris kantor, namun fasilitas yang ada belum menunjang kinerja secara maksimal. Sarana operasional yang dibutuhkan dan segera dipenuhi, Mobil untuk mobilisasi, komputer 1 unit, kursi dan meja kantor.

“Saat ini Panwas juga sudah bisa menerima laporan terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Peserta Pemilu yang disampaikan oleh masyarakat,” tandasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s