16 Tahun, Kateon Tetap Setia Sebagai Tukang Pantan


Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

Teriak, BERKAT.

Kateon (58), Pandai Besi dari Kecamatan Teriak

Kateon (58), Pandai Besi dari Kecamatan Teriak

Mengais rejeki tak mesti harus menjadi pegawai asalkan halal, semua pekerjaan dapat dijalani. Termasuk bekerja sebagai pandai besi. Begitu prinsip yang tertanam dalam diri Kateon, pria Kelahiran Teriak, Kecamatan Teriak, 58 tahun lalu dalam menjalani profesinya sebagai pandai besi atau tukang pantan.

“Perkerjaan itu tidak semestinya harus menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil). Asal bisa menghasilkan pendapatan (halal) dijalani saja,” ujarnya.

Kateon, menceritakan, profesi yang ditekuninya sebagai pandai besi tradisional dimulai sejak tahun 1997 atau 16 tahun lalu. Selama masa tersebut sudah tak terhitung lagi jumlah parang, cangkul, pisau, cangkul bahkan reparasi senapang lantak yang sudah dibuatnya. Peralatan besi yang dibuatnya itu semua dikerjakan dengan alat-alat yang sederhana sehingga tak heran jika Istrinya kerap terlibat membantu agar pengerjaan besi bisa lebih cepat.

Meski dikerjakan secara manual, namun berbagai peralatan yang dibuatnya cukup laku. Bahkan banyak warga memesan secara khusus agar dibuatkan peralatan seperti yang diinginkan. Maka tak heran, dari pekerjaan itu kelima anaknya dapat merasakan dunia pendidikan. Bagaimana tidak, menurut pengakuannya, dalam satu bulan hasil menempa besi yang didapat berkisar pada angka Rp.3 juta.

Dengan usianya yang semakin bertambah, Ia mengaku banyak pesanan warga yang tak dapat dikerjakan sesuai dengan waktu. Apalagi dengan tenaga yang sudah mulai terkuras, ayunan tangannya menempa besi sudah tidak sekuat dulu lagi, ketika masa-masa awal Ia melakoni pekerjaan tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s