Ketua Komite Minta Penggunaan Dana BOS Transfaran


J.B Marbun

J.B Marbun

Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

Bengkayang, BERKAT.

Upaya pemerintah memajukan dunia pendidikan dengan menyalurkan berbagai program bantuan merupakan hal yang perlu didukung oleh masyarakat. Hanya saja, pihak-pihak yang dipercaya untuk mengelola program bantuan tersebut diharapkan dapat mengelolanya dengan baik. Hal ini disampaikan oleh Ketua Komite SDN 15 Tampe, Kelurahan Sebalo, Bengkayang, J.B Marbun dikediamannya terkait tertutupnya informasi pengelolaan dana BOS pada sekolah tersebut.

“Sejak dipercaya menjadi Ketua Komite SDN 15 Tampe dua tahun yang lalu, sampai sekarang saya belum pernah mendapatkan informasi terkait penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), pihak sekolah sangat tertutup,” tegas Marbun yang juga Bupati Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kabupaten Bengkayang, Kamis (6/6).

Perlunya keterbukaan yang dilakukan oleh pihak sekolah, menurutnya memiliki beberapa tujuan, seperti berjalannya sistem pendidikan yang baik disekolah tersebut, menghindar munculnya praktek-praktek KKN dalam pengelolaan dana BOS. Oleh karena itu, Ia pun berharap agar, Kepala Sekolah SDN 15 Tampe, Viktor Limbun, S.Th agar lebih proaktif menyampaikan perkembangan yang terjadi di sekolah, termasuk dalam pemanfaatan dana BOS maupun Bantuan Siswa Miskin (BSM) kepada orang tua murid.

“Untuk mencerdaskan generasi muda disini, Kepala Sekolah maupun guru tidak dapat berjalan sendiri tanpa didukung oleh masyarakat (orang tua murid),” tandasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s