Kondisi Alam Pengaruhi Pemadaman Listrik


Kantor PLN Cabang Bengkayang

Kantor PLN Cabang Bengkayang


Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

Bengkayang, BERKAT.


Tidak semestinya pemadaman listrik yang dialirkan oleh PLN karena adanya kendala yang berkaitan dengan mesin maupun bahan bakar. Disamping itu, faktor alam juga memberikan pengaruh yang cukup besar.

“Kondisi cuaca yang ekstrim juga sangat berpengaruh terhadap terjadinya pemadaman listrik,” kata SPV Administrasi PLN Cabang Bengkayang, Saut Manurung.

Kondisi cuaca yang dimaksud itu seperti terjadinya hujan yang cukup deras disertai petir maupun angin ribut, angin ribut dan lainnya lagi. Selain itu, tumbangnya pepohonan hingga menimpa kabel listrik juga dapat menjadi penyebab padamnya listrik. Pada saat terjadi kondisi cuaca yang ekstrim, pemadaman listrik merupakan langkah dini guna mengantisipasi terjadinya kerusakan lain pada sistem operasional. Termasuk menjaga kemungkinan terjadinya bahaya lain yang dapat dialami oleh warga.

“Pihak PLN tidak sembarangan dalam melakukan pemadaman listrik. Apabila ada masalah teknis terkait perawatan mesin, pemadaman akan dilakukan dengan pemberitahuan terlebih dahulu kepada pelanggan,” terangnya.

Sementara itu, dilain hal, Saut Manurung juga mengingatkan agar masyarakat (pelanggan) harus menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pemanfaatan listrik dengan melakukan pembayaran tepat waktu. Kesadaran tersebut tentunya akan berdampak pada semakin maksimalnya pelayanan yang diberikan PLN. Sekedar untuk diketahui, saat ini Cabang PLN Bengkayang membawahi beberapa unit pembangkit listrik, yakni Unit PLN Samalantan, Monterado, Suti Semarang, Sanggau Ledo, Seluas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s