Jalan Silap Butuh Perhatian


Markus, salah seorang Tokoh Masyarakat Dusun Silap

Markus, salah seorang Tokoh Masyarakat Dusun Silap

Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

Bengkayang, BERKAT.

Jarak antara Dusun Silap, Desa Belimbing, Kecamatan Lumar dengan ruas jalan raya hanya sekitar 3,7 Km. Namun, untuk menjangkau Dusun tersebut butuh kewaspadaan tinggi. Penyebabnya tidak lain, yakni karena kondisi jalan sangat memprihatinkan sehingga hal itu sangat memungkinkan untuk segera diperhatikan oleh pemerintah.

“Sudah sering diajukan kepada pemerintah agar jalan itu dapat dibangun, tapi hingga sekarang belum juga terealisasi,” begitu komentar salah seorang Tokoh Masyarakat setempat, Markus, yang ditemui belum lama ini dikediamannya. Adapun pengajuan yang dilakukan Warga Dusun Silap itu dikatakannya melalui beberapa cara, diantaranya melalui Musrenbang maupun melalui proposal langsung kepada instansi terkait.

Meski belum satupun yang terealisasi, baru-baru ini Markus mendapat kabar (belum pasti) bila ruas jalan menuju kediamannya akan segera dibangun. Kabar yang berasal dari salah seorang yang berada di provinsi.

“Jika tidak ada program PNPM, mungkin warga disini akan lebih sulit lagi,” terangnya.Dikatakan sulit karena jika program PNPM tidak ada, tentu dua buah jembatan yang menghubungkan daerah mereka sulit dilewati. Akses keluar tentu akan terputus. Ia mengaku bersyukur dengan adanya program PNPM.

“Walaupun jalan rusak, tapi dengan adanya jembatan, warga masih bisa keluar,” tambahnya.

Perlu diketahui, kondisi jalan menuju Dusun Silap yang berjarak kurang lebih 3.7 Km dari jalan raya tersebut, sebagian besar masih berupa tanah merah. Satu kilometer diantaranya sudah diberi pengerasan, hanya saja kondisi jalan sudah rusak parah. Usai diguyur hujan, kondisi jalan akan sangat licin, berlumpur dan banyak kubangan. Bila sudah demikian, ruas menanjak merupakan rute yang paling sulit dilewati. Guna menempuh jalan raya, sebagian besar masyarakat setempat menggunakan sepeda motor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s