Hari Ini PEDA se-Kalimantan Barat Dibuka


Masyarakat Menjual Hasil Pertanian Mereka Dari Rumah ke Rumah

Masyarakat Menjual Hasil Pertanian Mereka Dari Rumah ke Rumah

Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

Bengkayang, BERKAT.

Ratusan pahlawan pangan se-Kalimantan Barat dipastikan hadir di Kabupaten Bengkayang hari ini, Senin (29/4). Kehadiran para pahlawan pangan tersebut akan menghadiri Pekan Daerah (PEDA) Tani dan Nelayan ke-IX. Sekurangnya ada 700 peserta dari seluruh kabupaten/kota yang hadir. Demikian dikatakan oleh Kepala Badan Pelaksana Penyuluh dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkayang, Ir. Magdalena, MM yang juga bertindak sebagai Ketua Panitia Kabupaten.

“Pembukaan akan dilakukan sekira pukul 09.00 WIB oleh Staf Ahli Setda Kabupaten Bengkayang di Aula I Lantai V Kantor Bupati Bengkayang,” sebutnya, Minggu (28/4) di Bengkayang.

Setelah acara pembukaan, kegiatan ini akan berlangsung hingga 2 Mei mendatang. Dimana selama rentang waktu tersebut, PEDA akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti temu tani, perlombaan, studi banding didaerah perbatasan maupun pantai. Khusus studi banding, para peserta akan diajak untuk melihat dan mempelajari potensi-potensi pertanian yang terdapat diwilayah yang dimaksud.

Mantan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bengkayang ini melanjutkan, para petani dan nelayan yang ada di Kalimantan Barat berkumpul di Kabupaten Bengkayang. Sebagai tuan rumah, persiapan telah dilakukan supaya kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses. Dari pantauan media ini di lapangan, kurang lebih sudah 90 persen persiapan oleh panitia pelaksana untuk menyukseskan kegiatan ini. Stand pameran pembangunan dan jalan telah di bangun oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bengkayang. Jaringan listrik di pasang oleh PLN, sumber air bersih di siapkan oleh pihak PDAM Bengkayang. Sedangkan spanduk selamat datang kontingen masing-masing kabupaten di rumah toko, penginapan, dan rumah dinas aset Pemda Bengkayang telah terpasang. Dengan PEDA ini, hasil akhir yang diharapkan ialah para petani dapat belajar bersama dan saling tukar pengalaman sehingga kedepannya, diharapkan dapat menopang tingkat kesejahteraan mereka.

3 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s