DPD Golkar Bengkayang Daftarkan 30 Caleg ke KPU


Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

Bengkayang, BERKAT.

Tak seperti hari-hari biasanya. Senin (22/4) kemarin, suasana di Sekretariat DPD Partai Golkar Bengkayang tampak ramai. Sekira pukul 09.00 WIB beberapa kader dengan pakaian berwarna kuning mulai berdatangan. Kursi yang telah disediakan dan disusun rapi sebelumnya mulai ditempati mereka yang datang. Sementara itu, diruang kerja Ketua DPD, tumpukan berkas dilapisi map serba kuning tersusun rapi. Dua sosok yang dipercaya untuk menyunting setiap berkas para Caleg, Franky dan Eka Formariah terlihat sibuk diruangan tersebut. Keduanya sibuk melengkapi setiap persyaratan yang dibutuhkan agar bisa mendaftarkan para Caleg di Partai Golkar Bengkayang di KPU Bengkayang. Mengejar waktu yang terasa semakin cepat berlalu. Ya, hari Senin kemarin merupakan hari terakhir bagi para pengurus Parpol untuk mendaftarkan para Calegnya ke KPU karena batas terakhir pendaftaran tersebut dilakukan hingga pukul 16.00 WIB.

Sekitar pukul 13.10 WIB, ketika semua kader sudah berkumpul semua, Ketua DPD Partai Golkar Bengkayang, Yohanes Pasti, SH, MH yang sejak pagi sudah berada di Sekretariat bergegas mengarahkan para Kader agar segera berangkat menuju Kantor KPU Bengkayang di Jalan Guna Baru, Trans Rangkang. Iringan mobil yang telah dipasang bendera partai lengkap dengan nomor urut 5 melaju melintasi ramainya suasana ditengah pasar Bengkayang. Tepat pukul 13.25 WIB, iringan mobil tiba. Yohanes Pasti yang sudah dua periode menjadi Ketua DPD Golkar Bengkayang itu langsung menemui Anggota KPU yang sudah menunggu. Setelah beberapa menit melakukan perbincangan singkat dengan salah seorang anggota KPU Bengkayang, Tarmizi, ST., Ia pun keluar ruangan dan langsung menemui anggota lainya, Ir. Martinus Khiu sekaligus menyerahkan berkas pendaftaran 30 Caleg untuk dijadikan sebagai Daftar Caleg Sementara (DCS) partai Golkar.

Penyerahan berkas dilakukan. Yohanes Pasti dan Eka Formaniah yang juga Bendahara partai. Keduanya mengeluarkan satu persatu berkas yang diminta oleh KPU. Kekurangan berkas ditemui, salah satu berkas milik Caleg ternyata belum ditandatangani. Usai mendapatkan formulir, Anggota KPU kemudian menyerahkan berkas tersebut kepada bagian Sekretariat untuk diperiksa kembali tentu dengan memanggil beberapa kader ditiap Dapil untuk bertindak sebagai saksi. Guna mempermudah pemeriksaan, pihak Sekretariat ternyata telah membagi tugas kepada anggotanya agar berkas tiap Dapil dapat diperiksa secara bersamaan.

Kurang lebih satu jam, pemeriksaan berkas selesai. Tidak ada kekurangan berarti yang ditemukan. Proses pendaftaran DCS pun usai. Namun sebelum itu, ke-30 Caleg yang hadir melakukan foto bersama dengan anggota KPU untuk selanjutnya kembali ke Sekretariat guna mendapatkan pengarahan dari Ketua DPD.

“Mulai hari ini, saudara adalah orang-orang yang akan berjuang untuk menjadi wakil rakyat pada lembaga legislatif (DPRD) Bengkayang, oleh karena itu bekerjakeraslah agar mendapat kepercayaan dari masyarakat mewakili mereka,” kata Yohanes Pasti.
Adapun kerja keras yang dimaksud Pasti bukan sekedar mencari dukungan sesaat, tapi bagaimana mestinya para kader (Caleg) dapat menjadi partner yang baik bagi kemajuan masyarakat di Dapil masing-masing. Etika berpolitik menjadi salah satu kunci dalam menjalankan upaya tersebut.

“Beri pendidikan politik yang baik bagi masyarakat,” tegas Ketua DPRD Bengkayang dua periode tersebut.

Dalam arahannya itu juga, Pasti menekankan kepada para Caleg agar dapat bersaing dengan sehat. Artinya untuk memperoleh dukungan masyarakat, para Caleg sesama Dapil harus saling mendukung tanpa harus mencari-cari kesalahan Caleg lainnya. Selain itu juga, kembali Ia mengingatkan para Caleg yang berada pada Dapil yang sama agar tidak mudah terpancing dengan upaya adu-domba dari pihak luar.

Perlu diketahui, sebelum menerima penyerahan berkas DCS oleh Partai Golkar, KPU Bengkayang telah lebih dulu menerima berkas DCS dari Partai : Gerindra (Jumat), PKS dan Demokrat (Sabtu), PAN, NasDem dan Hanura (Minggu). Sedangkan pada hari Senin, ada lima Parpol yang menyerahkan DCS, yakni PPP, PKB, PDIP, GOLKAR dan PKPI.

“Sementara itu, hingga pukul 16.25 WIB tadi, KPU belum juga mendapatkan adanya pengurus Partai Bulan Bintang (PBB) yang datang ke Sekretariat untuk menyerahkan DCS-nya,” kata Tarmizi.

Pada perhelatan Pemilu Legislatif 2014 mendatang, DPRD Bengkayang masih tetap diisi oleh 30 anggota. Namun, yang berbeda kali ini ialah, terjadinya pemecahan Daerah Pemilihan. Dimana, jika sebelumnya Kecamatan Samalantan, Monterado dan Capkala bergabung dengan Kecamatan Bengkayang, Sungai Betung dan Teriak, tahun ini mereka dipisah menjadi Dapil tersendiri. Yakni Dapil II. Sedangkan Dapil Sungai Raya, Capkala dan Sungai Raya Kepulauan menjadi Dapil III dan Dapil IV terdiri dari Kecamatan Lumar, Ledo, Suti Semarang, Sanggau Ledo, Seluas, Tujuh Belas, Siding dan Jagoi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s