Masyarakat Dukung Pembangunan SMP Negeri 04 Malosa


Oleh : JAMLI

Bengkayang, BERKAT – Kerinduan masyarakat Malosa, Kelurahan Sebalo akan hadirnya sarana pendidikan, gedung sekolah tampaknya akan segera berakhir. Hal tersebut karena saat ini pemerintah telah menetapkan lokasi pembangunan gedung untuk SMPN 4 Bengkayang didaerah mereka.

Menurut, Direktur LSM Manso Borneo, Susanto, pembangunan gedung baru tersebut dipandang sangat perlu, mengingat gedung sekolah yang ada seperti SMP Negeri 01 Kota Bengkayang, SMP 2 Bengkayang di Sebalo, SMPN 03 di Tiga Desa jarak tempuh sangat jauh sehingga sulit dijangkau oleh siswa yang berada di pinggiran Kota Bengkayang.

Bentuk dukungan itu ditunjukkan dengan memperbaiki jalan secara swadaya menggunakan alat berat dan pembebasan lahan seluas kurang lebih Dua hektare ini menjadi bukti keseriusan masyarakat RT Sebelas Kelurahan Sebalo sebagai bentuk aspirasi mendukung pembangunan gedung sekolah baru tingkat SMP Negeri 04 Bengkayang.

“Sudah saatnya penambahan gedung baru yaitu SMP Negeri 04 Malosa,” terang Susanto.

Senada disampaikan Rasianto selaku ketua RT Sebelas Kelurahan Sebalo, anak-anak sekolah katanya sering terlambat karena oplet menuju Malosa masih jarang. Ia juga menyampaikan gagasan kepada pemda agar membangun gedung baru sebagai tambahan dari Tiga gedung SMP yang ada segera terealisasi. Selain itu, transportasi juga menjadi kendala sehingga kondisi tersebut menjadikan anak-anak memilih berjalan kaki saat pulang sekolah.

“Kalau sore kendaraan sudah sepi, terpaksa mereka harus jalan kaki hingga malam baru sampai,” jelas Rasianto yang menceritakan kondisi anak kandungnya saat pulang kerumah.

Tambahnya, penempatan gedung baru SMPN 04 Malosa sudah memenuhi kriteria yang didukung oleh Empat Sekolah dasar, yakni SDN Rangkang, SDN Trans Rangkang, SDN Magmagan dan SDN Malabo. Lanjutnya, pembangunan gedung juga mendapat dukungan antusias dari warga setempat dan beberapa tokoh masyarakat, LSM Manso Borneo dan LSM Masyarakat Mandiri Malosa. Penambahan gedung baru katanya lagi sudah layak untuk mempermudah sarana dan prasarana dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Wajib Belajar Sembilan Tahun. Pertimbangan lain karena melihat dari lajunya pertambahan siswa yang signifikan setiap tahunnya. Oleh karena itu sudah saatnya pemda melaksanakan intensifikasi program-program seperti Block-Grant (Subsidi) Unit Sekolah Baru (BG-USB), Matching Grant (Subsidi imbal swadaya), Ruang Kelas Baru dan Ruang Belajar lainnya (MG-RKB/RBL) SMP Negeri 04 Malosa demi mensukseskan program pendidikan. Program menuntaskan wajib belajar 9 (sembilan) tahun ini menurudnya sesuai amanat Departemen Pendidikan Nasional dalam hal ini Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, yakni melaksanakan beberapa program alternatif antara lain membangun Unit Sekolah Baru (USB) di daerah yang memenuhi kriteria. Selanjutnya mengembangkan SMP di daerah yang trategis dengan dukungan dari berbagai sekolah SD dengan mempertimbangkan jumlah murid yang Over-Capacity.

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s