Hari Kedua Pendaftaran Caleg, KPU Bengkayang Masih Sepi


Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

Bengkayang, BERKAT – Hingga pukul 16.00 WIB, Rabu (10/4), KPU Bengkayang memastikan belum ada satupun pengurus 12 Parpol peserta Pemilu 2014 yang menyerahkan berkas Daftar Caleg Sementara (DCS). Praktis kondisi tersebut tidak memberikan kesibukan berarti bagi para pegawainya. Rutinitaspun masih berjalan seperti biasa.

“Belum ada (Parpol) yang menyerahkan berkas DCS,” tegasnya Ketua Pokja Pencalonan Anggota DPRD, Tarmizi, ST, Rabu (10/4) memastikan.

Ia memperkirakan proses penyampaian berkas oleh 12 Pengurus Parpol tersebut akan terjadi pada minggu kedua atau menjelang berakhir tengat waktu yang ditentukan hingga 22 April mendatang. Apalagi dengan dikeluarkannya Peraturan KPU Nomor 07 Tahun 2013, masing-masing Parpol masih berupaya menyesuaikannya.

“Setelah 22 April, berkas yang disampaikan tersebut akan diverifikasi oleh KPU,” sebut pria yang akrab disapa Mizi ini.

Verifikasi akan dilakukan selama dua minggu, setelah itu KPU akan mengumumkan hasil verifikasi tersebut kepada masing-masing pengurus Parpol. Darisitu, KPU akan menyampaikan kekurangan-kekurangan berkas yang mesti segera dilengkapi oleh Caleg dan Parpol.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Bengkayang, Yohanes Pasti, SH., MH yang dihubungi terlebih dahulu mengatakan apabila penyampaian berkas DCS dari Partai yang dipimpinnya itu akan dilakukan setelah berkas masing-masing Caleg sudah benar-benar siap.

Sedangkan pada waktu yang berbeda, Selasa (9/4), Ketua DPK PKP Indonesia, Antoni, memastikan dirinya bersama pengurus baru akan menyerahkan berkas DCS pada hari terakhir, yakni 22 April mendatang.

“Waktu yang ada saat ini akan kami manfaatkan sebaik mungkin,” jawabnya ketika ditanya mengenai kapan penyerahan berkas PKP Indonesia.

“Sekaligus mematangkan persiapan partai maupun para Caleg,” tukasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s