Oknum Satpol PP Miliki Senpi


Oleh : YOPI CAHYONO, S.Hut

Bengkayang – Mengemban tugas sebagai aparat keamanan, semestinya memiliki tanggungjawab dalam menjaga kondisi keamanan. Namun apa jadinya apabila aparat yang dipercaya menjaga keamanan tersebut melakukan tindakan tidak terpuji, seperti pencurian maupun kepemilikan senjata api (rakitan) tanpa izin? Ini tentu membuat cerita lain yang berujung pada polisi meringkus polisi.

Dimana pada Kamis (4/4) yang lalu, aparat Kepolisian Resor Bengkayang berhasil mengungkap kepemilikan senjata api tanpa izin milik oknum Sat. Polisi Pamong Praja Bengkayang, yakni PO. Keberhasilan tersebut berawal penggeledahan dirumah PO setelah sebelumnya oknum tersebut dilaporkan melakukan tindakan pencurian di Kantor Bupati Satu Atap diruangan milik salah satu pejabat teras. Diketahui, Senpi yang dimaksud adalah sepucuk pistol rakitan asal Malaysia.

“PO ditahan atas laporan pencurian, tetapi masih lemah pembuktian apabila dikenakan pidana pencurian. Tetapi PO dikenakan UU Darurat dikarenakan memiliki senjata api tanpa ijin. Senjata rakitan tersebut berdasarkan pengakuan PO berasal dari Malaysia,” kata Kapolres Bengkayang, AKBP Veris Septiansyah, Rabu (10/4).

Veris Septiansyah mengatakan penangkapan PO, oknum tenaga honorer Pemda Bengkayang berinisial PO, yang diperbantukan di kantor Polisi Pamong Praja Kabupaten Bengkayang pada Kamis (4/4) lalu pukul 10.00 di kediamannya beralamat di Jalan Bangun Sari Kelurahan Sebalo Kecamatan Bengkayang, kini PO telah ditahan di sel tahanan Mapolres Bengkayang. Ia menjelaskan, pada sehari setelah laporan pencurian di buat oleh pelapor, Polres Bengkayang melakukan pengeledahan di rumah PO dan menemukan sepucuk Senpi jenis pistol ilegal asal Malaysia dan tiga butir peluru aktif dan satu butir peluru sudah dijinakan.

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s