Tahapan Pemilu di Bengkayang Berjalan Tanpa Pengawasan


Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

RRI Pontianak, BENGKAYANG – Tahapan Pemilu 2014 sedang berlangsung sejak beberapa waktu yang lalu. Pada masa ini pula, perekrutan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tengah memasuki tahap seleksi. Setelah itu, pada 9 April mendatang, tahapan pendaftaran Daftar Caleg Sementara (DCS) oleh masing-masing Parpol ke KPU akan dilaksanakan. Namun, hingga sekarang, di Kabupaten Bengkayang, tahapan tersebut berjalan tanpa pengawasan dari Pengawas Pemilu, Panwaslu.

“Sampai saat ini Saya belum mendapatkan informasi mengenai perekrutan anggota Panwaslu Kabupaten,” kata Mantan Ketua Panwaslu Gubernur Kalbar 2012, Musa Jairani, SE kepada Wartawan, Rabu (13/3) di Bengkayang.

Padahal menurutnya, proses pengawasan seharusnya sudah dimulai sejak tahap awal tahapan Pemilu 2014 dijalankan. Setidaknya dimulai sejak penyerahan Daftar Penduduk Pemilih Potensial (DP4), karena biasanya persoalan pemilih kerap menjadi masalah dalam proses demokrasi lima tahunan tersebut. Hal ini, katanya, tentu akan sangat merugikan masyarakat.

“Pengawasan tentunya tidak akan maksimal bila pengawasan tidak dilakukan sejak awal,” tambahnya.

Melihat kondisi saat ini, Musa menyebutkan apabila akan banyak tahapan Pemilu 2014 ditingkat kabupaten yang akan terlewatkan dari proses pengawasan. Setidaknya hingga 2-3 bulan kedepan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s