PLN Bengkayang Klaim Tunggakan Pelanggan Rp.1.653 M


Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

RRI Pontianak, BENGKAYANG – PLN Rayon Bengkayang menyebutkan selama periode Desember 2012-Februari 2013 tunggakan yang dilakukan pelanggan diwilayah kerjanya mencapai angka Rp.1.653 Miliar.

“Angka tunggakkan tersebut berasal semua unit yang berada dibawah pengawasan PLN Rayon Bengkayang,” sebut Manejer PLN Rayon Bengkayang, H. Sulaiman, Rabu (7/3) di Bengkayang. Adapun unit-unit yang dimaksud yakni Monterado, Samalantan, Ledo, Suti Semarang, Sanggau Ledo dan Seluas dengan jumlah pelanggan sebanyak 22 ribu-an.

“Tunggakan paling tinggi terjadi pada unit Samalantan dan Monterado sebesar Rp.400 juta (2012) dan Rp.600 juta (2013),” ungkapnya.

Salah satu kendala yang menyebabkan tingginya tunggakan tersebut ialah karena kurangnya kesadaran pelanggan untuk melakukan pembayaran rekening. Tak jarang tenaga PLN mendapatkan perlakuan yang kurang baik dari pelanggan ketika hendak melakukan penagihan.

Terkait dengan tunggakan ini juga, Sulaiman menegaskan mulai tahun ini, pihaknya akan menjalankan program pemutusan sambungan listrik bagi pelanggan yang menunggak pembayaran rekening selama tiga bulan lebih. Untuk menjalankan program itu, pihaknya akan menggandeng stakeholder di daerah ini, termasuk Sat Pol PP maupun aparat kepolisian.

“Bagi pelanggan yang telah diputuskan, mereka masih bisa mendapatkan hak untuk memperoleh layanan listrik. Namun tidak lagi berupa KWH Manual tapi akan dialihkan dengan KWH Voucher,” ujarnya.

Disampaikannya juga, ketika tunggakan yang dilakukan oleh pelanggan tersebut dilakukan terus-menerus maka hal ini akan berdampak bagi pelayanan PLN terhadap pelanggan lain yang aktif membayar rekening karena terganggunya sistem operasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s