PT. Clayindo Pratama Tak Daftarkan Karyawan Dalam Jamsostek


Oleh : PANDI AHMAD

Capkala (Kalbar Times) – Berada jauh dari pusat pemerintahan kabupaten Bengkayang ternyata memberikan dampak yang baik bagi PT. Clayindo Pratama yang beroperasi di Desa Pawangi, Kecamatan Capkala. Dimana perusahaan yang bergerak dibidang industri pengolahan tanah putih tersebut lepas dari pengawasan pemerintah terkait kewajiban mereka yang tidak mendaftarkan tenaga kerjanya dalam Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek). Hal ini berdasarkan pengakuan salah seorang karyawannya PT. Clayindo, Ependi Kamis (13/12) minggu lalu. Kondisi tersebut juga diperkuat dari informasi yang disampaikan Production Engineering, Ateng pada 17 Nopember 2012 yang lalu, dimana Ia mengungkapkan membenarkan jika hingga saat ini karyawan PT. Clayindo Pratama yang beroperasi di Capkala belum didaftarkan sebagai peserta Jamsostek.

“Saya sudah bekerja pada perusahaan ini sejak tahun 2008, namun hingga sekarang belum mendapatkan kartu Jamsostek,” ungkap Ependi.

Mengenai Jamsostek itu, Ependi mengatakan Ia hanya mendapatkan penjelasan dari pimpinan apabila terdaftarnya Ia bersama karyawan lainnya sedang dalam proses. Ia menambahkan kalau perusahaan mengikuti ketentuan yang telah tertera dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, para tenaga kerja berhak untuk mendapatkan upah/ penghasilan yang layak.

Menyikapi keluhan yang diungkapkan Ependi, Ketua DPC Federasi Serikat Buruh (FSB) Kehutanan, Perkayuan dan Pertanian (HUKATAN) Bengkayang, Krisantus, S.Sos sangat menyayangkan itikad kurang baik yang dilakukan oleh pihak perusahaan. Menurutnya, kepesertaan dalam program jaminan sosial bukan lagi hanya sekadar menjadi kewajiban mengikuti perintah Undang-Undang (UU) Nomor 3 Tahun 1992 Tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja, melainkan juga menjadi kebutuhan. Pasalnya, menjadi peserta akan memberikan banyak manfaat, baik untuk pekerja maupun pengusaha.

“Oleh karena itu, pekerja dan pengusaha sama-sama harus mengetahui manfaat dan pelayanan optimal dari program-program jaminan sosial yang diselenggarakan Jamsostek,” jelasnya.

Perlu diketahui, manfaat tambahan lainnya yang bisa didapat pekerja dengan menjadi peserta Jamsostek. Selain santunan optimal dari program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT), serta Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK), kalangan pekerja peserta Jamsostek juga mendapat banyak manfaat lainnya sehingga bisa lebih sejahtera. Pihaknya berharap agar Disnakertrans lebih giat melakukan pendataan dan mengawasi perusahaan-perusahaan mana saja yang belum memberikan Jamsostek. Sehingga proses pengawasan dan penindakan akan mudah dilaksanakan. Ia juga berharap agar asosiasi pengusaha dapat memainkan peran dalam meningkatkan kesadaran pihak perusahaan.

1 Comment

  1. Kepada Yth,
    To :Pemerintah BUMN & Swasta
    PT,LTD,TBK

    Up/attn : Pimpinan Perusahaan, HRD & Finance Manager , Accounting
    Perihal : urat Perkenalan & Kerjasama
    Terlampir : 1 Perincian Penerbitan Bank Garansi & Surety Bond

    Dengan Hormat,
    Salam hangat dari PT. JASA MULLYA ABADI (Consultan Bank Garansi Dan Asuransi)
    Perkenankan kami untuk memperkenalkan perusahaan kami, PT. JASA MULLYA ABADI .
    Dimana kami telah di back up beberapa perusahaan Asuransi Kerugian Swasta Nasional Maupun BUMN serta Perusahaan kami telah ditunjuk untuk memasarkan bank garansi yang terbitkan oleh Bank diantaranya:BANK BNI , BRI , BCA , BII , EXIM , DKI , BTN , SINARMAS , MUTIARA , AGRA , KALTIM , SUMSEL , BUMIPUTERA , serta bank dan Asuransi Penerbit lainnya.Pada kesempatan ini kami menawarkan kerjasama dibidang penerbitan bank Garansi / Surety bond,dimana didalam penerbitannya kami memberikan prosedur relatif mudah yaitu : NON COLLATERAL (Tanpa Agunan), Serta Jaminan polis siap kami antar.

    Jasa General Insurance Bank Garansi Dan Asuransi Yang Kami Tawarkan Diantaranya :

    Ø JAMINAN PENAWARAN (Bid Bond)
    Ø JAMINAN PELAKSANAAN (Performance Bond)
    Ø JAMINAN UANG MUKA (Advance Payment Bond)
    Ø JAMINAN PEMELIHARAAN (Maintenance Bond)

    1. Contractor all risk (CAR)
    2. Conprenshive general liability ( CGL)
    3. Workman compensation liability (WCL)
    4. Automobile liability (AL)
    5. Custom bond
    6. Property all risk (PAR)
    7. Erection all risk ( EAR)
    8. Marine hull insurance (MH)
    9. Cargo
    10. Sp2d Akhir Tahun ( Surat Perintah Pencairan Dana )
    11. Kredit Modal Kerja (KMK)
    12. LC

    Besar harapan kami kiranya perusahaan kami diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk berpartisipasi dalam kegiatan perusahaan bapak/ibu kelola terutama dalam hal perlindungan terhadap resiko (Wan Prestasi) baik itu proyek yang sedang berjalan / akan dilaksanakan maupun proyek yang sudah berjalan kami memberikan prosedur yang relative mudah yaitu proses cepat serta jaminan polis siap di antar.
    Demikianlah penawaran dari kami, semoga ini merupakan awal kerjasama yang baik dan berkesinambungan dimasa yang akan datang,atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

    Salam.

    Aliff Alfarizqy
    Marketing
    PT. JASA MULLYA ABADI
    (Insurance – Bank Guarantee & Surety Bond)
    Jl.Mustika 1 NO. 29 RT. 013 RW. 03, Kel. Sumur Batu Kec. Kemayoran, Jakarta Pusat, Indonesia
    Telp : 021-4260719 (Hunting)
    Fax : 021-4252048
    Email : aliff.jma@gmail.com
    Mobile :0813 8666 6325
    Kita juga bisa bantu untuk jaminan akhir tahun SP2D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s