Seluas Banjir Buah Berduri


Ditulis Oleh : JAMLI

Kecamatan Seluas

Bambang dan Buah Durian

Seluas –
Tepatnya dibawah jembatan atau di pelabuhan Seluas, bau menyengat kian mewangi sejak 2 pekan terakhir. Di salah satu sudut jalan, telah berubah menjadi pasar dadakan dengan jualan utama Buah Berduri yakni Durian yang dijajakan oleh pedagang dari berbagai arah perkampungan.

Menurut seorang pedagang Inah (36), Durian adalah buah musiman, diperkirakan, musimnya cuma berlangsung 1,5 bulan saja. Karena itu, mereka hanya berdagang kalau buah itu telah benar-benar memasuki masa puncak musim. Mereka mendatangkan buah berduri itu dari hulu Sungai seperti Tadan, Kerumik, Sebujit dan yang lebih dikenal warga adalah Durian asal Bumbung. Buah Berduri ini ada yang dijajakan sendiri, ada juga yang langsung dibeli oleh penampung dengan menggunakan perahu Boat.

“Kalau Durian yang kami jual pak, tidak perlu ragu dengan isinya dijamin lunak,” kata Inah bersama beberapa pedagang lain di kawasan yang dekat dengan Pelabuhan Seluas itu.

Harga bervariasi ditawarkan para pedagang yang kebanyakan berdomisili di Bawah Jembatan itu. Untuk Durian asal Bumbung berukuran sedang dengan harga Rp,7ribu perbuah. Sementara untuk yang besar dijual Rp,10 ribu dan Rp 15 ribu. “Kami tidak terlalu banyak nego. Tapi para pembeli seperti sudah mengerti saja, kalau buah Durian Bumbung ini terkenal lunak,” Terang Bambang penjaja Durian asal Kambih ini menjelaskan.

Katanya lagi, ada perbedaan yang cukup menyolok antara Durian Bumbung dengan Durian dari daerah lain, perbedaan tersebut menurutnya, mulai dari ukuran hingga kualitas isi. Tetapi berbeda dengan Durian luar yang isinya sedikit kebanyakan biji. “Luar biasa pak, ini baru Durian namanya, rasanya sangat enak dan baru kali ini saya puas makan Durian,” Kata Acong asal Bengkayang saat menikmati Durian sambil membeli beberapa buah tanpa menawar harga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s