Kades Kinande : “Jangan Mempermainkan Masyarakat,”


Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

Bengkayang (Kalbar Times) – Proses penyelesaian tuntutan masyarakat Desa Kinande, Kecamatan Lembah Bawang akan kebun plasma atas lahan mereka yang telah ditanami kelapa sawit oleh PT. Darmex Agro diharapkan dapat difasilitasi dengan serius oleh Pemda Bengkayang.

“Kita harapkan agar proses ini dapat berjalan baik. Pemerintah Bengkayang sebagai bagian dari organisasi tertinggi di Kabupaten ini dapat memfasilitasi penyelesaian tersebut dengan serius. Jangan mempermainkan masyarakat,” ungkap Kepala Desa Kinande, Pilipus, Kamis (25/10) kepada wartawan. Hal ini diungkapkannya terkait ketidakhadiran pegawai Badan Pertanahan Nasional (BPN) Bengkayang pada saat survey dan pengukuran lahan, Senin dan Selasa (22 dan 23 Oktober) kemarin. Kehadiran BPN ini menurutnya dimaksud agar proses penyelesaian dapat dilakukan segera mungkin hingga hak masyarakat atas kebun plasma segera terpenuhi dan sah tanpa ada persoalan dimasa mendatang.

“Penyelesaian tersebut juga dimaksud untuk membantu pemerintah dalam menjaga iklim investasi yang kondusif,” tambahnya.

Sementara ketika dihubungi via telepon seluler, Jumat (26/10), Plt. Kakan BPN Bengkayang, Abdul Manan memastikan bahwa pada hari Senin (29/10) pihaknya memastikan akan hadir untuk melakukan pengukuran luas lahan wilayah Desa Kinande yang telah ditanami kelapa sawit oleh PT. Darmex Agro.

“Pasti pergi, soalnya sudah janji dengan Pakpung (Kepala Kampung/Kades) akan datang, kemarin juga kita sudah ditanya sama Pak Asisten I,” terang Abdul Manan.

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s