Idul Adha 1433 H, 16 Kecamatan Terima 22 Ekor Sapi Qurban


Oleh : MUJIDI

Bengkayang (Borneo Tribune) – Menyambut hari Idul Adha 1433 Hijiriah/2012 M, Pemda Bengkayang menyerahkan 22 ekor sapi Qurban kepada masyarakat yang tersebar di 16 Kecamatan, kecuali kecamatan Siding. Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkayang, Syamsudin mengatakan jumlah sapi yang diserahkan itu sama dengan jumlah sapi dua tahun sebelumnya. Secara rinci, dua ekor sapi untuk Kecamatan Bengkayang, dua ekor sapi untuk Sanggau Ledo, dua ekor sapi untuk Ledo, dua ekor sapi untuk Samalantan, dua ekor sapi untuk Sungai Raya dan dua ekor sapi untuk Kecamatan Sungai Raya Kepulauan. Sementara Kecamatan lain mendapatkan masing masing satu ekor sapi.

“Kecuali kecamatan Siding yang tidak mendapatkan sapi dikarenakan jumlah penduduk muslim yang hanya beberapa orang saja,” terang Syamsudin.

Penyerahan sapi Qurban itu dilakukan oleh Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot, S.Pd di Kantor Camat Bengkayang secara simbolis dengan menyerahkan dua ekor sapi, Kamis (25/10). Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkayang, M. Ali menerangkan sapi yang dikorbankan itu bersumber dari APBD Kabupaten Bengkayang. Bila disesuaikan dengan syariat, 22 ekor sapi mencakup 154 orang yang berkorban karena satu ekor sapi dihitung untuk tujuh orang yang berkorba n. Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot mengharapkan semangat berkorban pada hari raya Idul Adha tersebut bisa diwujudkan pada kehidupan berbangsa dan bernegara. Berkorban dimaksud dengan terlibat dalam pembangunan, khsusnya untuk pembangunan Bengkayang yang lebih maju.

“Dengan semangat berkorban ini akan semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan kita untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih baik,” ucap Gidot lagi.

Setelah melalui kegiatan seremonial, Bupati kemudian menyerahkan secara simbolis dua ekor sapi ke Camat Bengkayang, Edmundus. Oleh Camat, sapi kemudian diserahkan kepada Ketua PHBI Kecamatan Bengkayang, Irianto. Dalam penyerahan sapi korban tersebut, Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot didampingi Wakil Bupati Bengkayang, Agustinus Naon, Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Bengkayang, Kristianus Anyim, Ketua DPRD Bengkayang, Sbastianus Darwis, Kapolres Bengkayang, Komandan Kodim Singkawang beserta sejumlah pejabat SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkayang.

PHBI Bengkayang Himpun 37 Sapi dan 10 Kambing

Sementara itu, dilaporkan juga bahwa jumlah hewan korban untuk lingkungan Kecamatan Bengkayang mencapai 47 ekor yang terdiri dari 37 ekor sapi dan 10 ekor kambing. Kepastian jumlah hewan korban tersebut disiarkan secara terbuka oleh PHBI menjelang pelaksanaan ibadah shalat Idul Adha di Mesjid Agung Syuhada Bengkayang, Jumat (26/10). Ketua PHBI Bengkayang, Irianto saat ditemui mengatakan jumlah sapi yang dihimpun PHBI Bengkayang pada tahun 1433 H/2012 M lebih banyak dari tahun sebelumnya dengan total jumlah korban sebanyak 29 ekor hewan korban dengan rincian 23 ekor sapi dan 6 ekor kambing.

“Hewan hewan korban tersebut berasal dari masyarakat yang dihimpung oleh pengurus pengurus mesjid, pengurus mushallah, kelompok pengajian dan organisasi kan kemayarakat yang ada di Kecamatan Bengkayang.

“Kita hanya menghimpun data jumlah keseluruhan hewan korban. Untuk pemotongan dilakukan di lokasi masing masing,” ucap Irianto. Irianto menjelaskan, pemotongan hewan korban rencananya secara serentak akan dilakukan pada hari Sabtu ( hari ini-red). Kita berkeinginan pemotongan dilakukan Sabtu, tapi ada beberapa lokasi yang memutuskan untuk memotong hewan korban hari ini, Jumat (26/10),” jelas Irianto lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s