Bengkayang Diselimuti Kabut Kiriman


Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

Kantor Lingkungan Hidup Bengkayang

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Bengkayang, Heru Pudjiono

Bengkayang (Kalbar Times) –
Kabut tebal yang menyelimuti wilayah Bengkayang dalam beberapa hari belakangan ini. Akan tetapi sampai saat ini belum ada laporan resmi dari instansi terkait mengenai penyebabnya baik dari BMKG maupun Badan Lingkungan Hidup (BLH) Propinsi Kalbar.

“Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, kabut tebal yang menyelimuti wilayah Bengkayang sejatinya merupakan kabut kiriman,” ungkap Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkayang, Heru Pudjiono, Rabu (8/8) ketika dihubungi.

Indikasi yang disampaikan Heru cukup beralasan, yang mana hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan adanya titik-titik api baik yang berasal dari BMKG, BLH maupun laporan kebakaran hutan dari masyarakat, Dinas Kehutanan dan pihak terkait lainnya. Apalagi saat ini tiap perusahaan perkebunan yang akan membuka lahan dilarang keras untuk melakukan pembakaran. Tetapi, selain diduga berasal dari kabut kiriman, kabut tebal yang terjadi saat ini tidak lepas dari peran manusia itu sendiri yang masih melakukan pembakaran lahan guna membuka lahan pertanian (berladang), pembakaran sampah rumah tangga.

Sementara itu, terkait kualitas udara, ketika ditanya mengenai bahaya yang mungkin saja ditimbulkan, Heru mengatakan pihaknya akan terlebih berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya. Namun untuk mengantisipasi kabut yang berasal dari pembakaran lahan, Pemda Bengkayang melalui Surat Edaran Bupati Bengkayang pada bulan Juni lalu telah menghimbau kepada pihak perusahaan yang beroperasi di Bengkayang, termasuk kepada masyarakat luas agar jangan melakukan pembakaran lahan. (krisantus).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s