PT. SBS Gaharu Suntik 6000 Batang Gaharu Milik Petani


Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

Kalbar Times – Bengkayang

Gaharu

Inokulasi Pohon Gaharu

Selama periode 2011 – 2012 ini, PT. SBS Gaharu menyatakan telah berhasil menyuntik vaksin pada 6000 batang gaharu milik petani yang menjadi mitra mereka. Selama periode itu juga, perusahaan tersebut telah berhasil mengembangkan budidaya tanaman hampir diseluruh kabupaten yang ada di Kalbar. Demikian ungkap Humas PT. SBS Gaharu, Antony Harahap kepada wartawan ini, Rabu (27/6) di Bengkayang.

“Jumlah 6000 batang gaharu tersebut tersebar pada beberapa kabupaten, antara lain Bengkayang, Landak, Kapuas Hulu, Sanggau Kapuas, Sambas dan Pontianak,” jelasnya.

Setelah penyuntikan, batang gaharu itu dapat dipanen ketika usia penyuntikan berkisar 2 – 3 tahun. Menurut Antoni, penyuntikan yang dilakukan PT. SBS Gaharu ini merupakan sebuah usaha kemitraan perusahaan dengan petani gaharu. Dimana hasil dari panen itu nanti akan dibagi sebesar 65 % untuk petani dan 35 % untuk perusahaan.

“Sementara untuk pemasarannya, PT. SBS Gaharu sejak awal telah menggandeng Asosiasi Pengusaha Gaharu Indonesia (Asgarin), jadi para petani tidak lagi kuatir bila pada saat panen nanti untuk memikirkan dimana mereka akan menjual gaharu yang mereka tanam,” terangnya lagi.

Mengenai informasi harga gaharu per kilogram, Antony memaparkan untuk gaharu Kualitas A Super King berkisar Rp.30 juta/Kg., Kualitas A, Rp.25 juta/Kg., Kualitas AB, Rp.21 juta/Kg., Kualitas C, Rp.6 juta/Kg., Kualitas D, Rp. 4 juta/Kg. Jadi, ungkapnya, bertanam gaharu sangatlah menjanjikan. Apalagi proses penanamannya tidak membutuhkan biaya yang besar, serta lahan yang luas.

“Disamping sebagai tanaman ekonomis, gaharu juga bermanfaat bagi reboisasi hutan yang saat ini semakin terkuras oleh pengrusakan baik oleh manusia maupun karena factor alam itu sendiri,” tandasnya.

12 Comments

  1. Saya punya kayu gaharu dan galih/ gubalnya, jenis aquilaria malacensis..insyalloh tidak kecewa, smntara masih glondongan untk lbih myakinkan pembeli, saya berminat segra menjualnya,smntara ada 2 kuintal, gubalnya masih didalam glondongan kayu, dan insyalloh kalo ini segra terjual saya mash mmpunyai stok yang super, saya BERNIAT MENJUALNYA SEGERA, BAGI YANG BERMINAT SEGRA HUBUNGI SAYA,
    Hubungi saya.. rudi surabaya, 082393992448

  2. ada sbs yg bermitra d wilayah sum_sel.?? d wilayah prabumulih timur,, mohon info na..sya mempunyai bibit sekitar 1000 polibag.. siap tanam tpi sya kurang yakin akan mendapat kn serum inukulan yg bgus.. takut nya sya tanam dn d tunggu2 nyatal nya gagal .. sayang kn penantian yg lama..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s