30 Tim Ramaikan Turnamen Futsal ESR Cup 2012


Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

Bengkayang – BERKAT

Erma Suryani RanikUPAYA Badan Futsal Cabang Daerah (BFCD) Bengkayang menggali potensi atlet olahraga futsal daerah ini terus dilakukan. Setelah sebelumnya menggelar pelatihan wasit futsal, sejak tanggal 25 Maret kemarin, BFCD Bengkayang kembali menggelar open turnamen futsal Erma Suryani Ranik (ESR) Cup 2012 yang bekerjasama dengan Anggota DPD-RI Dapil Kalbar periode 2009-2014, Erma Suryani Ranik, SH.

“Secara keseluruhan, tim yang turut serta dalam turnamen tersebut berjumlah 30 tim yang berasal dari berbagai kecamatan di Bengkayang,” sebut Ketua Panitia ESR Cup 2012, Krisantus, Kamis (29/3) di Bengkayang.

Turnamen yang diselenggarakan sekaligus untuk memeriahkan HUT Pemda Bengkayang ke-13, 27 April mendatang ini menggunakan sistem pertandingan setengah kompetisi, dimana 30 tim yang ada terlebih dahulu melakoni babak penyisihan digrup masing-masing, mulai dari grup A sampai H. Turnamen yang dibuka langsung oleh Ketua BFCD Bengkayang, Yudi pada 25 Maret itu, sampai berita ini diturunkan telah memasuki pertandingan ke-2. Setelah melakoni babak penyisihan, tiap grup akan diwakilkan oleh 2 tim yang berhasil menjadi juara dan runner up grup untuk diadu pada babak 16 besar.

“Di babak 16 besar, format yang digunakan adalah sistem gugur sehingga bisa ditentukan tim mana yang layak melaju ke babak 8 besar hingga babak selanjutnya,” jelas Krisantus. Disamping itu, pria yang akrab disapa Kris ini menambahkan turnamen yang digeber di Lapangan Futsal Angkasa, Bengkayang ini akan merebut total hadiah sebesar Rp.5 juta, ditambah thropy.

Pada saat yang sama, Ketua BFCD Bengkayang, Yudi, mengatakan turnamen yang diselenggarakan ini diharapkan dapat animo masyarakat terhadap olahraga yang tergolong baru bagi masyarakat didaerah ini. Dimana dengan semakin tingginya animo masyarakat kedepan olahraga ini dapat menjadi olahraga andalan kabupaten guna bersaing dengan daerah-daerah lain.

“Meski tergolong baru (2009), prestasi futsal di Bengkayang cukup menjanjikan, buktinya pada 2010 yang lalu berhasil menjadi finalis diajang POPDA, kemudian finalis pada ajang Kejurda Futsal 2011, maka dengan semakin rutinnya penyelenggaraan turnamen disini diharapkan dapat membantu peningkatan prestasi futsal Bengkayang,” pungkasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s