Tunggakan Pelanggan PLN Sub-Ranting Samalantan Paling Besar


Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

Bengkayang – BERKAT

MANAJER PLN Ranting Bengkayang Cabang Singkawang, Adi Kurniawan baru-baru ini melansir tunggakan pelanggan PLN Sub-Ranting Samalatan sebagai yang paling besar dibanding sub-ranting lainnya di Kabupaten Bengkayang.

“Tunggakan pelanggan PLN Sub-ranting Samalantan itu lebih dari Rp.400 juta (5000 pelanggan),” sebut Adi saat ditemui diruang kerjanya.

Sementara disebutkan juga tunggakan pelanggan yang berada di sub-ranting Bengkayang sebesar Rp.75 juta (6000 pelanggan), sub-ranting Sanggau Ledo sebesar Rp.60 juta (4000 pelanggan), sub-ranting Seluas sebesar Rp.35 juta (1500 pelanggan). Sedangkan sub-ranting Suti Semarang tidak disebutkan karena masih baru.

Tunggakan tersebut menurutnya semakin menambah beban yang mesti ditanggung pihak PLN karena untuk satu hari produksi saja mereka harus mengeluarkan biaya yang cukup tinggi. Adapun biaya yang mesti dikeluarkan oleh PLN Ranting Bengkayang untuk memenuhi kebutuhan listrik pelanggan diatas Rp.128 juta. Itupun dari perhitungan kebutuhan BBM untuk menghidupkan mesin diesel sebesar 16 Ton (dikalikan Rp.8 ribu/Liter).

“Belum lagi biaya lain-lainnya, seperti biaya perawatan, operasional pegawai serta kerusakan alat,” tandasnya.

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s