Jelang Pilgub 2012, KPU Bengkayang Pastikan Daftar Pemilih Meningkat


Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

Bengkayang – BERKAT

MENJELANG Pemilihan Umum Gubernur (Pilgub) Kalbar yang rencananya digelar September 2012 ini, KPU Bengkayang memperkirakan Daftar Pemilih di Kabupaten Bengkayang meningkat dari jumlah pemilih pada Pemilu terakhir, yakni pada Pilkada 2010 yang lalu. Meningkatnya Daftar Pemilih tersebut disebabkan karena adanya perubahan data kelahiran dimana penduduk yang sebelumnya (Pilkada 2010) belum mencapai batas minimal, namun pada tahun 2012 sudah mencapai batas usia yang ditentukan.

“Perkiraan bisa 10 – 15 persen meningkat dari Pemilu terakhir,” demikian kata Anggota KPU Bengkayang, Ir. Martinus Khiu, Selasa (31/1) di Bengkayang.

Seperti diketahui, Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang 2010 yang lalu berjumlah 149 ribu lebih. Ini berarti jika perkiraan tersebut mendekati akan ada sekitar 163 ribu hingga 171 ribu yang akan terdaftar sebagai pemilih pada Pilgub mendatang. Meski demikian, untuk saat ini KPU Bengkayang belum melakukan persiapan terkait pendataan pemilih.

“Masih menunggu koordinasi dari KPU Propinsi,” jelas Martinus Khiu.

Mengenai data awal pemilih, Khiu mengatakan bahwa data yang akan digunakan sebagai petunjuk adalah data terakhir Pemilu di Bengkayang (Pilkada) yang kemudian disinkronisasikan dengan data yang berasal dari Instansi terkait, yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Dijelaskan juga hingga saat ini KPU Propinsi sebagai pelaksana masih belum menetapkan tahapan-tahapan Pilgub ke KPU Bengkayang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s