Pemda Bengkayang Dinilai Tak Mampu Terapkan PP No.45 Tahun 2007


Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

[LUMAR] – Pemda Bengkayang dinilai tak mampu menerapkan PP No. 45 Tahun 2007, sebab dari 120 Desa dan 2 Kelurahan yang tersebar di 17 Kecamatan di Kabupaten Bengkayang, hingga bergulirnya tahun 2012 ini baru 40 Sekretaris Desa (Sekdes) yang berstatus sebagai PNS. Sedangkan sisanya, sebanyak 80 Sekdes belum berstatus sebagai PNS. Hal ini diungkapkan Sekdes Tiga Berkat, Kecamatan Lumar, yakni Untung (44). Padahal dikatakannya, saat ini dirinya telah mengabdi sebagai Sekdes di Desa tersebut selama 11 tahun atau dua kali pergantian Kepala Desa.

Seperti diketahui, pengangkatan para sekdes berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 45 tahun 2007 sebagai pelaksanaan Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah. Dimana pengangkatan itu sendiri pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pelayanan administrasi pemerintahan desa kepada masyarakat dan memperkuat koordinasi fungsional vertikal dari pusat sampai desa.

“Terhitung sejak diterbitkannya PP No. 45 Tahun 2007, saya sudah 3 kali menyampaikan berkas administrasi ke Pemda Bengkayang melalui pihak Kecamatan sebagai persyaratan untuk diangkat sebagai PNS,” jelas Untung, Selasa (3/1) di Kediamannya.

Namun hingga kini, hal tersebut belum mendapat jawaban dari Pemda Bengkayang. Pengajuan yang dilakukan itu bahkan terjadi setiap adanya pergantian Camat Lumar, mulai dari Camat pertama, Yan, S.Sos, M.Si kemudian Drs. Yulianus Anus, MT,. serta Camat sekarang, Albinus Alep. Melihat kondisi itu, Untung mempertanyakan kinerja Pemda Bengkayang khususnya Bagian Tata Pemerintahan Desa yang tak kunjung memberikan respek terhadap pengajuan yang telah dilakukan. Sementara rentang waktu pengangkatan 40 Sekdes lainnya di Kabupaten Bengkayang sebagai PNS sudah berlalu 3 tahun yang lalu.

“Kami selaku Sekdes tidak tahu, apakah saat ini Bagian Tata Pemerintahan Desa belum menerima berkas pengajuan 80 Sekdes atau tidak memiliki data sama sekali atau kenyataannya Pemda Bengkayang belum siap menerapkan Peraturan Pemerintah Nomor 45 tahun 2007 sebagai pelaksanaan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah,” tegas Untung mempertanyakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s