BENGKAYANG BELUM MILIKI PERDA WALET


Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

[BENGKAYANG]-Bukan lagi menjadi rahasia umum jika di kawasan kota Bengkayang maupun beberapa kawasan lainnya didaerah ini usaha penangkaran burung Walet sudah mulai banyak digiatkan para pemilik modal. Hal ini tentunya akan menambah beban pekerjaan bagi pemerintah setempat agar kedepannya usaha tersebut mampu memberikan konstribusi bagi pembangunan di Bengkayang melalui retribusi pajak serta menghindari kesemerawutan kota. Penyebabnya tidak lain karena hingga saat ini, pemerintah, baik eksekutif maupun legislatif mengaku belum merancang Perda Penangkaran Walet.

“Hingga saat ini belum ada Perda Tentang Penangkaran Walet di Bengkayang, termasuk bangunan yang akan digunakan untuk sarang burung Walet,” demikian ungkap Anggota DPRD Bengkayang dari Fraksi PDI-P, Robertus, belum lama ini.

Hal yang sama juga dilontarkan Kepala Kantor Perijinan dan Pelayanan Terpadu (KP2T) Kabupaten Bengkayang, DR. Yan, S.Sos.,M.Si yang menyebutkan hingga saat ini memang belum ada Perda atau aturan yang mengatur tentang Penangkaran Walet di Bengkayang. Adapun bangunan yang digunakan sebagai sarang Walet hanyalah berupa Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Sudah saatnya pemerintah mengambil sikap terhadap keberadaan penangkaran Walet di Bengkayang agar tidak menimbulkan masalah dimasa mendatang,” pinta Pius, salah seorang warga Kelurahan Sebalo, Senin (5/9) dikediamannya.

Menurutnya, bila usaha ini dianggap mampu memberikan konstribusi bagi daerah maka salah satu upaya yang mesti diambil adalah dengan menciptakan sebuah aturan yang nantinya mampu mengikat para pelaku usaha penangkaran Walet agar bisa memberikan pemasukan bagi daerah.

“Yang ada sekarang, penangkaran Walet yang berada tidak jauh dari kediaman Saya sangat mengganggu namun tidak memberikan konstribusi apa-apa bagi daerah,” tandasnya mengeluh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s