DWP Bengkayang Adakan Sosalisasi Narkoba pada SIswa SMA


Oleh : YOPI CAHYONO, S.Hut

[BENGKAYANG]- “Saya mengancungi jempol kepada DWP karena telah melakukan langkah antisipasi sejak dini yakni memberikan sosialisasi kepada generasi muda terutama anak remaja terutama pada tingkat SMA/SMK di Kecamatan Bengkayang,” ungkap Kasatreskrim Polres Bengkayang, M. Azin ditemui di SMA negeri 1 Bengkayang, Rabu (22/6).

Azin menjelaskan, jangan sampai generas penerus kita yang terjerumus pada narkoba. Baik dalam lingkungan keluarga, tetanga maupun sekolah. Berteman boleh saja asalka jangan berkawan dengan pelaku narkoba. Karena konsekuensi penyalahgunaan narkoba ialah keranah hokum sesuai dengan UU No. 35/2009 tentang narkotika.

“Dengan adanya sosialisasi ini, seluruh siswa SMA/SMK yang ada di Bengkayang, dapat terhindar dari penyalahgunaan narkoba. Karena usia remaja merupakan potensial untuk direkrut oleh para pelaku penyalahgunaan narkoba. Bahkan termasuk siswa SD dan SMP,” terang Azin.

Lebih lanjut, Ia mengatakan saat ini di Bengkayang baru sebatas informasi tetapi belum dapat di buktikan remaja baik sebagai perantara maupun pengguna. Oleh karena itu, para guru wajib memberikan arahan kepada anak didiknya. Apabila ada siswanya yang melakukan penyalahgunaan narkoba dan tidak dapat diselesaikan, dengan tangan terbuka sesegera mungkin meminta bantuan kepada pihak kepolisian. Perlu diketahui selama 2011 sudah ada dua kasus yang ditangani satuan narkoba Polres Bengkayang dan menangkap empat orang dengan satu pengguna dan sisanya pengedar.

Dra. Anastasia Maria Anyim, Ketua Umum DWP Kabupaten Bengkayang melalui Ketua Panitia Sosialisasi Narkoba bagi pelajar SMA/SMK, Hartinah Roni menerangkan, kegiatan ini bertemakan membangun generasi muda anti narkoba berwawasan kebangsaan.

Sebanyak 170 peserta yang menghadiri kegiatan ini dari beberapa SMA/SMK yang ada di Kecamatan Bengkayang. ini merupakan pr ogram kerja DWP bidang Pendidikan, Sosial dan Budaya. Sasaran kita ialah generasi muda terutama pada pelajar kelas I dan II.

“Untuk tahun ini kita hanya terfokus kepada pelajar pada SMA/SMK negeri saja, kedepannya akan ditingkatkan berhubung dana yang ada saat ini terbatas. Kegiatan ini dilakukan untuk mencegah anak-anak terkontaminasi narkoba. Kita hanya sebatas mengantisipasi saja,” jelas Hartinah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s