Panglima TNI RI Kunjung POS Sat. PAMTAS Jagoi Babang


Dikutip dari : http://www.bengkayangkab.go.id/news/view/100

Bengkayang

Panglima TNI, Agus Suhartono Ketika Mengunjungi Perbatasan Bengkayang di Jagoi Babang

(JAGOI BABANG)-
Dalam rangka meningkatkan mobilitas anggota PAMTAS dalam mengamankan area perbatasan, meningkatkan sarana prasarana pendukung dalam pengamanan area perbatasan, serta mengetahui kendala dan masalah yang terjadi di daerah perbatasan, Sabtu (26/02/11), Panglima TNI, Agus Suhartono berkunjung di Kabupaten Bengkayang guna memantau langsung Pos Sat. PAMTAS Jagoi Babang.

Tepat Pukul 09.00 Wib, Helikopter Superpuma yang membawa Panglima TNI beserta rombongan mendarat di lapangan Sepakbola Jagoi Babang. Selanjutnya rombongan langsung menuju Pos Sat Pamtas Jagoi Babang bersama Bupati Bengkayang serta Wakil Gubernur Kalimantan Barat. Sesampainya di Pos Sat PAMTAS, Panglima TNI beserta rombongan langsung memasuki ruangan aula untuk mendengar pemaparan dari Letkol Inf. Tri Sakti mengenai sarana prasana pendukung yang tersedia, kendala-kendala dan masalah yang sering terjadi di daerah perbatasan ini.

Letkol Inf. Tri Sakti dalam pengarahannya melaporkan bahwa telah dijalankannya penyelidikan terhadap kemungkinan kegiatan-kegiatan illegal, serta melakukan kegiatan pengamanan baik pengamanan senjata, pengamanan berita maupun pengamanan dokumen. Pelaksanaan patroli tugu batas juga dilaksanakan diantaranya melakukan patroli dengan jarak dekat (5-10 Km), jarak sedang (10-15 Km) dan jarak jauh (15-20 Km) serta melaksanakan patroli koordinasi dengan tentara Di Raja Malaysia ( DRM ), kemudian melaksanakan apel jaring,memelihara dan meningkatkan hubungan kerjasama dengan TDRM, melaksanakan kemampuan prajurit baik dengan baris-berbaris dan latihan menembak, serta melaksanakan pengecekan ke pos-pos jaga.

Kendaraan – kendaraan yang menunjang mobilitas angota PAMTAS di Kec. Jagoi Babang yang diperuntukan untuk patroli pun perlu ditambah, khususnya transportasi darat dan air. Alat – alat komunikasi seperti Radio SSB, GPS pun perlu di tambah karena mengingat adanya sebagian dari alat – alat tersebut mengalami kerusakan, ungkap Letkol. Inf. Tri Sakti dalam paparannya di depan Panglima TNI.

Seusai paparan yang disampaikan Letkol Inf. Tri Sakti, Panglima TNI memberikan sambutan umum kepada para anggota PAMTAS. Dalam sambutannya Panglima TNI, Agus Suhartono menyampaikan bahwa maksud dari kunjungan ini ialah untuk mengumpulkan berbagai masalah yang terjadi di daerah sebagai bahan untuk dibawa ke markas besar TNI serta dapat mendorong instansi lain dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat khusus nya di daerah perbatasan ini. Pentingnya menjaga wilayah perbatasan ini guna menjaga kedaulatan Bangsa dan eksistensi Negara RI.

Diakhir sambutannya Panglima TNI menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot karena telah bersedia menyumbangkan perahu Sampan guna mempermudah sarana transportasi air untuk patroli pengamanan. Ini sangat penting mengingat medan area patroli yang sangat luas dan sulit dijangkau, sehingga hanya dengan menggunakan perahu sampan patroli pengamanan bisa dilaksanakan,ungkap Panglima TNI.

Sebelum meninggalkan tempat, sekaligus melanjutkan kunjungannya ke kawasan perbatasan Aruk (Sambas). Panglima TNI menyerahkan beberapa buku-buku dan alat – alat olahraga kepada anggota PAMTAS. Acara yang berlangsung sekitar 3 jam ini berlangsung dengan baik dan aman. (M/Y Humas Bky)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s