Masyarakat Mesti Perhatikan Izin Usaha


Oleh : KRISANTUS

(BENGKAYANG)-Agar usaha yang dijalani tidak menimbulkan permasalahan, masyarakat Bengkayang khususnya, mesti memperhatikan legalitas usaha mereka, salah satunya adalah dengan dimilikinya Surat Izin Tempat Usaha (SITU) ataupun Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Hal ini juga berguna untuk masyarakat menghindari melepaskan diri dari membayar pajak usaha yang dijalani.

Mengingat pentingnya legalitas tersebut, Senin (4/4) kemarin, Pemda Bengkayang melalui Kantor Pelayanan dan Perizinan Terpadu (KP2T), Lurah Bumi Emas dan Satuan Polisi Pamong Praja melakukan pengecekan terhadap unit usaha di Pasar Bengkayang.

“Upaya ini dilakukan agar memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya Surat Ijin Usaha (SITU),” kata Kepala KP2T Bengkayang, Yan, S.Sos.,M.Si, disela-sela kegiatan tersebut.

Yan juga mengatakan bahwa hal itu tidak hanya penting bagi masyarakat yang membuka usaha didaerah perkotaan, tetapi juga bagi masyarakat yang berada disemua tingkatan yang ada di Bengkayang. Dijelaskannya, salah satu keuntungan dengan adanya surat ijin usaha adalah masyarakat dapat menjadikannya sebagai bahan jaminan ketika hendak mendapatkan dana kepada pihak tertentu guna mengembangkan usaha mereka. Dilain pihak, dengan adanya legalitas tersebut, masyarakat telah berpartisipasi membangun daerah ini melalui pajak usaha mereka itu. Pt. Jesy ak lakeng

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s