Musrenbang Jangan Hanya Menjalankan Agenda Belaka


Oleh : KRISANTUS

(BENGKAYANG)- Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan sudah selesai dilaksanakan, saat ini rencana pembangunan dari 17 kecamatan yang ada di Bengkayang tersebut sedang dibahas dalam Musrenbang Kabupaten. Berbagai usulan pembangunan, langsung diperoleh dari masyarakat tingkat bawah. Melihat pentingnya agenda tahunan pemerintah tersebut, Ketua Forum Lintas Organisasi Pengawas Pembangunan Bengkayang (FLO-P2B), Irawan, S.Sos, Kamis (17/3) berharap agar Musrenbang benar-benar diperhatikan dan ditindaklanjuti.

“Ajuan pembangunan dari tingkat bawah sangat penting, karena merekalah yang secara langsung mengetahui kondisi daerah mereka sendiri dan hal apa yang sangat penting agar segera dibangun,” tegasnya.

Hal ini dikatakannya guna mengingatkan agar Musrenbang sebagai rutinitas pemerintah bukan sebagai proses menjalankan agenda belaka, namun benar-benar menjalankan kepentingan pembangunan daerah seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Agenda ini juga diharapkan agar menghindari adanya rencana pembangunan yang hanya berdasarkan kepentingan tertentu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s