PT. MISP Jangan Hanya Mau Enaknya Saja


Oleh : KRISANTUS

Kecamatan Suti Semarang

Salah satu ruas jalan di Bengkayang. Terlihat dalam gambar, akses menuju kecamatan Suti Semarang

Bengkayang- Tak dipungkiri keberadaan PT. MISP mempunyai peran besar bagi kerusakan ruas jalan Ledo (Bengkayang)-Subah (Sambas) yang lumayan parah karena aktivitasnya sebagai perusahaan yang memproduksi sawit. Oleh karena itu, diharapkan perusahaan tersebut jangan hanya ingin enaknya saja.

“Artinya mereka juga mempunyai tanggungjawab untuk memperbaiki ruas jalan tersebut dan jangan hanya mengharapkan perbaikan jalan dari anggaran Negara,” ungkap salah seorang warga Desa Semangat, Hendro Kamseno, Kamis (24/2) di Bengkayang.

Pria yang juga Ketua Ikatan Mahasiswa Kabupaten Bengkayang (IMKB) di Pontianak ini menyadari apabila perusahaan tersebut sebagai salah satu wajib pajak yang tentunya turut menyumbangkan pendapatan bagi daerah ini dan sebagian Sambas. Akan tetapi karena ruas jalan tersebut merupakan jalur utama yang dilalui, mestinya perbaikan jalan tidak hanya tergantung dari anggaran pemerintah.

“Masyarakat disepanjang ruas jalan itu juga membayar pajak kepada Negara, tetapi ketika jalan rusak, merekalah yang paling dirugikan karena kerusakan jalan bukan karena aktivitas mereka,” jelasnya.

Sementara berdasarkan pengakuan salah seorang Wartawan media lokal daerah ini yang melalui jalur tersebut baru-baru ini untuk melakukan tugas peliputan sekaligus menjenguk keluarganya mengaku sangat prihatin atas kondisi jalan. Memang saat ini ruas jalan itu sedang diperbaiki, namun perbaikan tersebut menggunakan anggaran Negara.

“Bagaimana tidak memprihatinkan, saking rusaknya, sampai-sampai saya jatuh beberapa kali,” sebut Yopi Cahyono, S.Hut. Sementara berdasarkan pengamatannya aktivitas masyarakat yang memanfaat jalan tersebut sangat jarang yang membawa beban dalam kapasitas berat.

“Paling banter mereka mengangkut karet ke Bengkayang atau bahan bangunan, selain itu tidak ada. Misalpun mereka membawa angkutan tandan kelapa sawit, itu juga ujungnya dibawa ke pabrik perusahaan,” jelasnya.

Sependapat dengan Hendro, Yopi berharap agar pihak perusahaan memiliki tanggungjawab yang maksimal terkait keberadaan ruas jalan itu, karena pada dasarnya perusahaan juga memanfaatkan jalan tersebut.

3 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s