Gali Potensi Kedirgantaraan Gandeng Masyarakat dan Pemda


Oleh : KRISANTUS

Danlanud Singkawang II

Danlanud Singkawang II, Mayor Lek. TNI. H. Harry Markonery (kiri) dan Kadipotdirga Mabes TNI-AU, Marsma TNI. L. Tony Susanto

Sanggau Ledo-Upaya memperkuat Pertahanan demi menjaga keutuhan NKRI tak semata menjadi tanggungjawab Angkatan Bersenjata seperti TNI maupun Polri, lebih dari itu, masyarakat dan institusi pemerintah juga memiliki peranan yang sangat besar. Mengingat pentingnya peranan tersebut, semua unsur TNI, baik Angkatan Darat, Udara dan Laut agar dapat melibatkan masyarakat maupun Pemda diwilayah keberadaannya sesuai dengan porsi yang dimiliki.

Agar keterlibatan itu tumbuh dan berkesinambungan, sesuai dengan tugasnya, secara khusus Pangkalan TNI-AU Singkawang II memberikan sosialisasi potensi dirgantara kepada Prajuritnya, Masyarakat serta unsur Pemda Bengkayang disekitar Pangkalan tersebut maupun Bengkayang umumnya. Dalam hal ini, TNI-AU sebagai komponen utama dalam pertahanan udara di dirgantara mempunyai tugas secara dini sesuai dengan system pertahanan semesta. Berdasarkan tugas itupula, TNI-AU mengemban tugas dalam melakukan pembinaan potensi kedirgantaraan sehingga dapat menjadikannya sebagai kekuatan pengganda komponen utama pertahanan Negara. Perwujudannya itu diarahkan agar terbentuk komponen cadangan dan komponen pendukung matra udara. Dalam lingkup nasional, aspek dirgantara menjadi kekuatan pertahanan negara di dirgantara meliputi sumber daya nasional (SDM, SDA, SDB) dan ruang alat kondisi juang (RAK Juang).

Sosialisasi Kedirgantaraan ini sendiri dilaksanakan selama dua hari, yakni 23 dan 24 Februari di Pangkalan Udara Singkawang II yang mana hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Potensi Dirgantara Mabes TNI-AU, Marsma. TNI. L. Tony Susanto. Sosialisasi ini diisi dengan Ceramah Rekayasa Teknelogi Kedirgantaraan dan Demo Aeromedlling serta melihat secara dekat kegiatan kedirgantaraan TNI-AU.

“Dengan adanya pembinaan seperti ini diharapkan pengetahuan dan bekal tentang potensi dirgantara dapat dimiliki masyarakat sekitar pangkalan khususnya dan Kabupaten Bengkayang umumnya sehingga dapat dikembangkan dalam kehidupan di masyarakat,” katanya.

Sebelum melakukan demo Aeromodelling, sosialisasi ini juga dipadukan dengan Kegiatan Sosial seperti Sunatan Massal yang diikuti 25 anak-anak kurang mampu, Pembagian Sembako sebanyak 60 Paket kepada masyarakat sekitar Pangkalan, Pengobatan Gratis serta Donor Darah. (kris).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s