Menjelang CGM, Belum Ada Tatung Yang Mendaftar


Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

Vihara Ariamarama Bengkayang

Vihara Ariamarama Bengkayang, Jalan Migang.

Seperti kebiasaan tiap tahunnya, perayaan Cap Go Meh di Bengkayang juga akan dimeriahi oleh atraksi menarik dari para Tatung (Lauya). Begitu juga dengan perayaan tahun ini, CGM sudah dipersiapkan jauh hari.

“Tahun ini CGM dipusatkan di Vihara Ariamarama,” kata Ketua Panitia CGM Bengkayang, Tjin Jan Khong, Senin (31/1) di Vihara.

Meski demikian, Tjin Jan Khong mengaku, setakat ini pihaknya masih belum menerima satupun peserta/kelompok yang akan memeriahkan CGM dengan aksi Tatung. Ini disebabkan karena kebiasaannya, para Tatung yang akan beraksi baru menyatakan kesanggupannya setelah hari keempat perayaan tahun baru Imlek. Tahun ini, hari keempat Imlek jatuh pada hari Minggu (6/2). Mengenai keberadaan Tatung yang biasanya memeriahkan CGM di Bengkayang, Tjin Jan Khong menyebutkan Tatung yang ada tidak hanya berasal dari Bengkayang, melainkan juga dari Kecamatan Lumar dan Teriak.

Selain atraksi Tatung, untuk memeriahkan CGM tahun ini, panitia juga akan mengisinya dengan pertunjukkan seni dan budaya dari beberapa etnis terbesar yang ada di Bengkayang (Dayak, Melayu, Tionghoa dan Jawa), seperti permainan kuda lumping, pertunjukkan musik Tanjidor, serta pagelaran seni multietnik yang diperankan siswa SMPN 1 Bengkayang.

“Untuk masalah pendanaan, panitia hanya mengandalkan bantuan sukarela dari masyarakat serta uang yang berhasil dikumpulkan dari pelelangan barang pada CGM tahun lalu,” ungkapnya.

Terakhir, mengenai Keberhasilan dan kesuksesan penyelenggaraan CGM tahun ini, Tjin Jan Khong mengharapkan adanya dukungan dari semua pihak, baik pihak keamanana, pemerintah maupun masyarakat yang terdiri dari keberagaman suku dan agama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s