Website Pemda Bengkayang Jarang Di-Update


Oleh : KRISANTUS

Pernah membuka atau mengakses situs kabupaten Bengkayang di dunia maya (internet)? Bagi mereka yang sudah mengenal teknelogi yang satu ini pastinya akan mengetahui keberadaan situs tersebut. Namun bagi mereka yang belum pernah mengakses situs kabupaten Bengkayang di dunia maya silahkan dicoba, disitu anda akan menemukan sebuah situs yang dengan domain : www. bengkayangkab.go.id.

Situs tersebut sejak beberapa waktu yang lalu sudah dapat diakses. Tampilannya pun mulai menarik. Tampilan header-nya dibuat dengan program slide foto. Menu-menu yang ditampilkan sebagian merupakan menu yang berkaitan dengan informasi yang banyak dibutuhkan masyarakat, diantaranya menu terkait pendidikan, kesehatan, pemerintahan budaya dan beberapa diantaranya. Namun demikian, menariknya tampilan website itu ternyata tak disertakan dengan menariknya informasi yang disajikan.

“Informasi yang ditampilkan jarang di-update (diperbaharui),” ungkap Wakil Ketua Asosiasi Wartawan dan Pemuda (Awanda) Bengkayang, Antony Harahap, ketika ditanyai mengenai keberadaan website milik daerah ini di Bengkayang.

Menurutnya, keberadaan website daerah sangatlah penting. Selain dapat diakses kapan, dimana, oleh siapa saja atau tidak terbatas ruang dan waktu, keberadaan website daerah memiliki potensi yang tidak kalah pentingnya dengan keberadaan media lainnya. Dikatakannya lagi, bila memang keberadaan situs daerah ini mampu dikelola dengan maksimal, bukan tidak mungkin akan mendatangkan para investor sebabnya mereka telah mendapatkan berbagai gambaran tentang Bengkayang.

Sependapat, Ketua Ikatan Mahasiswa Kabupaten Bengkayang (IMKB) di Pontianak, Hendro Kamseno, menambahkan keberadaan website suatu daerah sangatlah penting, namun Hendro menilai keberadaan website di daerah ini hanya sebuah situs yang dibuat hanya untuk menunjukkan bahwa daerah ini memiliki sebuah situs.

“Website Bengkayang pada dasarnya hanya sebagai formalitas belaka. Bagaimana tidak, setiap kali dalam jangka waktu tertentu kita mengakses situs tersebut, informasinya yang ditampilkan masih yang itu lagi. Jarang di update,” terang Hendro. Selain jarang di-update, informasi yang ditampilkan hanya berupa luarannya saja, tidak detail. Disamping itu, informasi-informasi penting seperti data APBD, PAD, Data Pegawai serta banyak lagi informasi terkait Pemda setempat tidak pernah ditemukan dalam situs ini.

Dibalik minimnya informasi yang ditampilkan, Hendro mengingatkan hal ini sebagai sebuah permasalahan yang harus disikapi bersama. Misalnya, penekanan kepada setiap dinas atau instansi agar selalu memberikan informasi terkait kegiatan mereka kepada pengelola situs, kerjasama dengan media massa lainnya, maupun penerimaan pengaduan masyarakat serta sebaliknya.

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s