Pemda Bengkayang Diminta Cari Solusi Terkait Pemasaran Bidai


Oleh : KRISANTUS

Kerajinan Tikar Bidai menjadi salah satu komoditi industri yang dapat diandalkan daerah ini bila dikelola dengan baik, namun setakat ini pemberdayaan terhadap kerajinan ini masih minim. Hal ini diungkapkan salah seorang pengrajin Bidai asal Seluas, Attah Lazarus yang meminta agar Pemda Bengkayang dapat mencari solusi dalam memberdayakan para pengrajin Bidai terutama terkait sulitnya memasarkan bidai di Indonesia (Bengkayang).

Rotan merupakan bahan baku utama Tikar Bidai disamping Tali Tuhup

Menurut Lazarus, kesulitan tersebut disebabkan beberapa hal, diantaranya minat beli masyarakat yang rendah serta harga yang cenderung rendah sehingga keuntungan yang diperolehpun tidak mampu menutup biaya produksi yang dikeluarkan. Selama ini, hampir setiap bidai yang dibuat pengrajin di Seluas dan Jagoi Babang selalu dipasarkan di Serikin Malaysia sebagai akibat mudahnya pemasaran serta harga yang lumayan tinggi. Lazarus mengatakan untuk ukuran 4×6 feet harganya RM.55, ukuran 5×7=RM.80, ukuran 6×9=RM.120-125, ukuran 7×8=RM.120-125 dan untuk ukuran 7×10 feet harganya RM.160.

Menanggapi itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Bengkayang, M. Syarief Rahman mengatakan sejauh ini Pemda Bengkayang menempatkan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bengkayang sebagai wadah untuk menampung kerajinan tersebut kemudian dipasarkan. Hanya saja, diakuinya tikar bidai yang ditampung jarang sekali terjual akibat harga yang menurut anggapan masyarakat cukup tinggi. Sementara, para pengrajin biasanya mematok harga sesuai dengan nilai yang diperoleh ketika dipasarkan ke Serikin, Malaysia. Selain ditampung melalui Dekranasda, hasil kerajinan Bidai juga dipromosikan oleh Pemerintah melalui berbagai event, seperti pameran.

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s