Dukungan Pemda dan Masyarakat Kembangkan BPD Kalbar Cabang Bengkayang


Oleh : KRISANTUS

Setelah berkiprah selama 21 tahun (1989), Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalbar, Cabang Bengkayang terus mengalami kemajuan. Semua itu tidak terlepas dari dukungan yang diberikan masyarakat (nasabah) serta Pemda Bengkayang yang telah mempercayakan Bank milik daerah ini untuk menjadi mitra mereka dalam mendukung pembangunan didaerah ini. Hal ini diungkapkan langsung Kepala Cabang BPD Kalbar Cabang Bengkayang, Heryandi, SE saat ditemui, Jumat (17/12) diruang kerjanya.

Dimana hal itu juga disampaikannya pada saat diadakan Event Business Gathering (pertemuan bisnis) di Hotel Lala Golden, Bengkayang, Kamis (16/12) yang dihadiri Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Ketua DPRD, Kepala SKPD, Kapolres, Danki Yonif 641 Beruang Hitam, Ketua Asosiasi, Kontraktor, Tokoh Masyarakat, Nasabah Mitra Utama Bank Kalbar Bengkayang, serta unsur pimpinan Bank Kalbar, Samsir Ismail (Dirut Bank Kalbar) dan Musafir (Kadiv. Kredit Bank Kalbar).

Dijelaskannya, berkat dukungan yang diberikan itu, kini BPD Kalbar Cabang Bengkayang memainkan peranan yang cukup penting dalam fungsinya sebagai agen penggerak pembangunan di daerah ini, yang mana hal itu dijalankan dengan menghimpun dana dari masyarakat, kemudian dana tersebut disalurkan kembali melalui produk lending and fending sehingga secara efektif dan riil menggerakkan pertumbuhan dan pembangunan di Kabupaten Bengkayang.

Bukti atas kinerja tersebut dipaparkannya melalui laporan kinerja BPD Kalbar Cabang Bengkayang per 31 Desember 2009 hingga 31 Oktober 2010. Dimana dalam laporan itu, tercatat Total Dana Pihak Ketiga (DPK), yakni Giro, Tabungan dan Deposito per 31 Oktober 2010 yang berhasil dihimpun sebesar Rp.176.561 M, meningkat sebesar Rp.31.797 M atau 21,96 persen jika dibandingkan dengan posisi tahun 2009 sebesar Rp.144.764 M.

“Capaian ini tak terlepas dari beberapa factor, antaranya kepercayaan masyarakat serta Pemerintah setempat terhadap keberadaan BPD Kalbar Cabang Bengkayang, Team Work yang baik dengan menumbuhkan rasa memiliki terhadap BPD, suasana yang kondusif (keamanan) di Bengkayang, dll,” ujar pria lulusan Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta tahun 1988 ini.

Sementara pada realisasi penyaluran kredit dari periode 31 Oktober 2010 juga mengalami peningkatan yang sangat signifikan, dimana pada periode tersebut BPD Cabang Bengkayang berhasil menyalurkan Rp.170.811 M, naik 31.14 persen dibanding realisasi tahun 2009 yang mencapai Rp.131.010 M.

“Dari total kredit yang disalurkan tersebut, untuk Non Performing Loan (Kredit tidak sehat) hanya sebesar 0.16 persen, yang berarti jauh dari ketentuan Bank Indonesia yang menetapkan sebesar 5 persen,” papar pria asal Pemangkat, Kabupaten Sambas ini.

Ia kemudian menyebutkan, tercapainya pertumbuhan tersebut tidak terlepas dari meningkatnya dana yang dititipkan masyarakat di Bank Kalbar. Atas hal itu pula, Bank Kalbar akan terus mendukung peningkatan perekonomian masyarakat Bengkayang dengan berbagai produk, terutama dengan penyaluran kredit. Terkait diadakannya pertemuan bisnis itu, Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot, mengungkapkan hal itu sebagai sebuah terobosan yang positif. Menurutnya, pertemuan tersebut sangatlah penting dalam menjalin silahturahmi, komunikasi serta komitmen yang kuat untuk bersama-sama memberikan konstribusi bagi pembangunan di Bengkayang. Lebih lanjut, Gidot menyebutkan pertemuan ini merupakan wujud untuk menyamakan visi dan misi serta persepsi bagi pertumbuhan dan perkembangan perekonomian Bengkayang dalam hal meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Terhadap peningkatan penghimpunan dana serta rendahnya resiko kredit macet, Kepala Daerah yang masuk sebagai nomine kategori Eksekutif pada Ajang Borneo Tribune Award ke-3 itu mengatakan hal itu sebagai bukti bahwa investasi didaerah ini telah mengalami kemajuan yang signifikan, gairah dunia usaha dalam sangat positif sehingga roda perekonomian di Bengkayang berputar dengan baik.

“Kepada pimpinan Bank Kalbar serta jajarannya semoga kiprah dan kinerjanya dimasa yang akan datang terus meningkat,” tandas Bupati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s