Penerimaan CPNS, Utamakan SDM Setempat


Oleh : KRISANTUS

Proses perekrutan CPNS 2010/2011 di Bengkayang kini telah melewati beberapa tahapan, termasuk test tertulis. Saat ini dua ribuan pelamar sedang berharap-harap cemas menunggu pengumuman hasil test yang tentunya akan berpengaruh pada jalan hidup mereka kedepannya.

“Sebagai pelamar, saya berharap agar Pemda Bengkayang lebih mengutamakan Sumber Daya Manusia (SDM) setempat, tentunya SDM yang memiliki kemampuan,” ungkap salah seorang pelamar, Yupentius Piter Tomo, Minggu (12/12) di Bengkayang.

Menurut pria yang saat itu mengaku melamar pada posisi Analis Kepegawaian tersebut, pentingnya hal itu diperhatikan Pemda setempat mengingat saat ini SDM Bengkayang tidak kalah kualitas dengan SDM dari luar daerah. Bahkan salah satu keuntungan dengan memberdayakan SDM setempat, katanya, adalah pemahaman terhadap lingkungan kerja didaerah ini.
Mantan Ketua Ikatan Mahasiswa Kabupaten Bengkayang (IMKB) di Pontianak, Wardi, S.Si, menyebutkan dengan memperhatikan SDM setempat, hal tersebut akan mampu menunjukkan kepercayaan Pemda Bengkayang terhadap kualitas SDM daerah.

“Berikan kesempatan bagi SDM setempat untuk berperan serta dalam pembangunan daerah ini melalui jalur pemerintahan, namun tetap selektif,” pintanya. Sebelumnya, Ketua LSM Lumbung Pemuda Peduli Kabupaten Bengkayang (LPPKB), Andri Froniko, mengharapkan dalam proses penerimaan CPNS ini, Pemda Bengkayang melalui Panitia yang menangani dapat berlaku sesuai prosedur, sehingga diperoleh para lulusan yang benar-benar murni.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s