Stepanus Aty : ”Targetkan Hanura Tak Sekedar Partai Pengusung”


Oleh : KRISANTUS

Ketua DPD Partai Hanura Kalbar, Baharudin Nahris (kiri) bersama Ketua DPC Partai Hanura Bengkayang, Stepanus Aty, SE.,MM

Musyawarah Cabang (Muscab) I DPC Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Bengkayang di Aula Pertemuan Indah Mandiri, Bengkayang, Sabtu (27/11) kemarin berhasil menetapkan kembali Stepanus Aty, SE.,MM sebagai Ketua DPC Partai Hanura Bengkayang periode 2010-2015.

Terpilihnya Stepanus Aty ini setelah 8 Pimpinan Anak Cabang (PAC) dari 11 PAC yang aktif menentukan pilihannya secara aklamasi kepada pria yang juga anggota DPRD Kalbar tersebut. Delapan PAC yang hadir itu antara lain, PAC Sungai Raya Kepulauan, Monterado, Lembah Bawang, Teriak, Bengkayang, Lumar, Sanggau Ledo dan PAC Tujuh Belas. Sementara 3 PAC lainnya, Ledo, Seluas, Jagoi Babang tidak hadir dengan pemberitahuan.

”Karena PAC yang hadir lebih dari sebagian, Muscab I DPC Partai Hanura dinyatakan memenuhi Quorum,” sebut Ketua DPD Hanura Kalbar, Baharudin Nahris dalam sambutannya.

Proses Muscab itu sendiri dimulai pada pukul 09:00 WIB, dimana Yakobus Sitolin (anggota DPRD Bengkayang) selaku Pimpinan Sidang Sementara. Setelah pembahasan tata tertib Muscab, Pimpinan Sidang diambil alih oleh Marsum, SH (unsur DPD Hanura Kalbar).

Geliat terpilihnya Stepanus Aty sebagai pemegang amanah Partai Hanura di Kabupaten Bengkayang lima tahun kedepan sudah tampak sejak awal, karena masing-masing PAC yang hadir bersepakat untuk memberi kepercayaan kepadanya sehingga pada saat penentuan Ketua tak ada satupun Kader yang mengajukan diri sebagai calon Ketua.

Ketua DPD Hanura Kalbar, Baharudin Nahris saat melantik Ketua DPC Partai Hanura Bengkayang 2010-2015, Stepanus Aty,SE.,MM

Stepanus Aty merupakan pimpinan DPC Hanura Bengkayang pada periode 2007-2010. Pada masa kepemimpinannya itu, pada Pemilu Legislatif, April 2009, Partai Hanura Bengkayang berhasil menempatkan satu orang perwakilannya di DPRD (Stepanus Aty) dan 2 orang di DPRD Bengkayang (Yakobus Sitolin dan Garadus) yang mana secara keseluruhan partai ini berhasil mengumpulkan 6000 lebih suara. Kemudian pada Pilkada Bengkayang, Mei 2010, Partai Hanura bersama Partai Demokrat menjadi partai Pengusung salah satu Calon Bupati yang akhirnya terpilih sebagai Bupati Bengkayang 2010-2015, yakni Suryadman Gidot, S.Pd.

Dengan kepercayaan yang diberikan kembali oleh para Kadernya sebagai Ketua DPC Partai Hanura Bengkayang lima tahun kedepan, Stepanus Aty menyatakan beberapa program kerja yang akan dicapai dalam waktu dekat. Yang pertama, selain membentuk unsur kepengurusan yang baru, hal lain yang tak kalah penting menurutnya adalah menjalin Soliditas antar kader-kader partai disemua tingkatan. Tidak aktifnya enam PAC merupakan Pekerjaan yang akan segera dibenahi. Sementara itu diakuinya juga, kurangnya komunikasi antar kader, terutama ditingkat PAC akan segera dijalin kembali.

”Target kita, Partai Hanura Bengkayang 2014 dan 2015 mendatang adalah menempatkan wakilnya di DPRD minimal lebih dari yang ada saat ini, sedangkan pada Pilkada 2015, target kita, Partai Hanura tidak hanya sebagai partai pengusung, tetapi harus bisa menempatkan kadernya sebagai calon pemimpin Bengkayang,” umbar Stepanus Aty dalam sambutan singkatnya.

Guna mencapai target tersebut, Ketua DPD Partai Hanura Kalbar, Baharudin Nahris menekankan kepada Ketua DPC yang baru maupun kepada seluruh kader Hanura agar terus menjalin Soliditas dan komunikasi yang baik, tidak hanya sebatas kader saja, melainkan juga kepada masyarakat luas. Khusus kepada masyarakat, Baharudin mengatakan hal itu merupakan sebuah kewajiban kadernya, apalagi keberadaan Hanura berlandas kepentingan rakyat banyak.

Dikatakannya, jika Kader Hanura di Bengkayang mampu menjalin soliditas dan komunikasi yang baik mulai dari sekarang, Ia optimis kedepannya kader Hanura dapat menjadi pengambil kebijakan demi kepentingan rakyat di Bengkayang. Ia mencontohkan, apa yang terjadi di Propinsi Maluku Utara, dimana Ketua DPRD di 7 Kabupatennya dipimpin oleh kader Partai Hanura. Ini menurutnya harus mampu menjadi motivasi bagi kader Hanura di Bengkayang.

”Apabila itu bisa dilakukan, maka akan mempermudah Kader Partai Hanura dalam memperjuangkan apa yang menjadi kepentingan rakyat banyak. Sebab seperti yang telah disampaikan Ketua Umum Partai Hanura, Jenderal TNI (Purn) H.Wiranto, agar bisa memperjuangkan kepentingan rakyat banyak, kita tidak bisa berbuat banyak jika hanya menjadi anggota parlemen jalanan,” ungkapnya.

Marsum, SH, dipercaya sebagai pimpinan sidang pada Muscab I DPC Partai Hanura Bengkayang, 27 Nopember 2010

Mengenai kepemimpinan Stepanus Aty yang kedua kalinya ini, Baharudin Nahris optimis kedepan partai Hanura dapat berkembang dengan baik, apalagi Ia menilai Bengkayang merupakan salah satu daerah yang berpotensi membesarkan partai yang pada saat Pemilu 2009 bernomor urut 1 tersebut.

”Oleh karena itu, mulai saat ini Kader Hanura harus mampu membangun kepercayaan ditengah masyarakat,” tandasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s