Maria Anastasia Anyim Jabat Ketua DWP Bengkayang 2009-2014 


Oleh : KRISANTUS

Maria Anastasia Anyim yang merupakan Istri Sekda Bengkayang, Kristianus Anyim akhirnya terpilih sebagai Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Bengkayang periode 2009-2014 menggantikan Maria Hardjito, Ketua DWP Periode 2004-2009 pada Musyawarah II DWP Bengkayang. Terpilihnya Maria Anastasia sebelumnya harus mengalahkan calon ketua Lainnya, yakni Merry Sutahan dari DWP Badan Inspektorat.

Proses pemilihan Ketua DWP ini sendiri dimulai sejak pukul 09:00 dan baru berakhir pada pukul 18:00, Selasa (9/11) di Aula Lantai 5 Kantor Bupati Bengkayang. Dimana acara dibuka langsung oleh Wakil Bupati Bengkayang, Agustinus Naon. Dari laporan Ketua Panitia, Maria Lindan Veno, usai pemilihan, terpilihnya Maria Anastasia sebagai Ketua setelah dalam proses pemungutan suara berhasil memperoleh 64 suara dibanding 21 suara yang diperoleh Merry Sutahan. Disebutkannya, jumlah suara 85 suara keseluruhan tersebut berasal dari DWP Badan, Dinas, Kantor, Camat, Kelurahan se-Kabupaten Bengkayang. Dalam prosesnya, sebelum dijadikan calon, pihak panitia terlebih dahulu membentuk dua komisi, yakni Komisi A dan B guna menjaring bakal calon yang siap bertarung pada Musda II. Masing-masing komisi mengajukan dua orang bakal calon untuk dijadikan calon, namun setelah itu, kedua komisi menjagokan satu calon karena calon yang lainnya mengundurkan diri.

“Dengan terpilihnya Ibu Maria Anastasia Anyim sebagai Ketua DWP, kita berharap kedepannya agar peran wanita dalam pembangunan daerah ini semakin meningkat,” ucap Maria Lindan.

Sementara itu, Maria Hardjito, Ketua DWP yang lama, mengakui keterlambatan pemilihan Ketua DWP Bengkayang periode 2009-2014 ini bukanlah hal yang disengaja, melainkan karena sesuai prosedur yang ada dalam tubuh DWP secara Nasional.

“Kepengurusan DWP ini mengacu pada Pembentukan Kepengurusan yang ada dipusat. Kepengurusan dipusat baru terbentuk pada Desember 2009, lalu Propinsi Juli 2010, jadi Kita baru bisa melakukannya sekarang,” terang Maria Hardjito.

Sebagai Ketua terpilih, Maria Anastasia Anyim mengharapkan dukungan dari semua pihak agar pengembangan organisasi ini dapat semakin ditingkatkan dalam hal mendukung pembangunan Bengkayang. Secara jelas Ia mengatakan organisasi tidak akan berjalan dengan baik apabila anggota organisasi itu sendiri tidak mendukung kinerjanya. Apalagi DWP memiliki peran penting terhadap pembangunan daerah ini, maka tidak salah bila semua anggota dituntut berperan aktif.

Terkait pemilihan Ketua DWP Bengkayang Periode 2009-2014, Wakil Bupati Bengkayang, Agustinus Naon mengharapkan agar peran anggota DWP dapat berperan aktif dengan mendukung kinerja yang dilakukan oleh para suami mereka terhadap daerah ini. Mulai dari lingkungan keluarga, para ibu-ibu (wanita) berperan mendukung kinerja suami mereka. Anggota DWP juga mestinya lebih peka terhadap isu dan perkembangan yang sedang terjadi.

“Jangan pula Jam 8 Pagi Bapak-bapaknya masih nongkrong diwarung kopi. Ini bisa menimbulkan dua pertanyaan, apakah pagi sebelum berangkat kerja, bapak-bapaknya diurus dirumah ataupun tidak,” seloroh Mantan Camat Bengkayang ini.
Anggota DWP Merupakan mereka yang berstatus sebagai istri Pegawai Negeri Sipil. Dengan besarnya dukungan dari para istri tersebut diharapkan pelayanan pulik dapat semakin baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s