Yulius David, Bupati LIRA Bengkayang 2010-2014


Akibat ulah yang dilakukan, DPW LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) akhirnya mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Pemecatan terhadap Bupati LIRA yang lama, yakni F. Sarkawi. Oleh kepengurusan, nama yang disebutkan dianggap telah menyalahi aturan yang terjadi dalam organisasi LIRA. Sebagai akibatnya, maka DPW LIRA Propinsi Kalbar mencabut SK No.003/DPW/DPD 017/LIRA/A-2/XII-2010 dan memecat F. Sarkawi sebagai Bupati LIRA. Sebagai gantinya, sesuai dengan SK No. 01/DPW-LIRA/VIII-2101 tertanggal 21 Juli 2010, diangkatlah Yulius David, S.Sos sebagai Bupati LIRA periode 2010-2014.

Dalam penjelasannya, Yulius David menyebutkan, pada periode sebelumnya, yakni 2004-2010 Bupati LIRA dijabat oleh F. Sarkawi. Sarkawi terpilih kembali sebagai Bupati LIRA periode 2010-2014, Januari lalu. Namun karena dianggap telah melakukan tindakan yang menyalahi aturan organisasi, maka pimpinan DPW mengambil sikap tegas dengan pemecatan. Selain itu, pada saat pemilihan untuk periode yang kedua dianggap tidak memenuhi quorum.

“Hal ini demi terciptanya sistem organisasi yang bersih, harmonis dan bermanfaat baik bagi anggota organisasi maupun masyarakat luas,” terang Yulius perihal masalah internal yang terjadi.

Dengan pengangkatan dirinya sebagai Bupati LIRA, mantan Sekda LIRA 2004-2010 itu mengatakan pada tahap awal kepengurusan dirinya mempunyai sedikitnya lima tugas pokok yang harus diselesaikan, yakni menyusun struktur organisasi LIRA Kabupaten, menyediakan kantor LIRA, menyediakan badan hukum LIRA, membuka akses LIRA dan Perempuan LIRA ke instansi pemerintah serta menyiapkan pelantikan pengurus LIRA dan perempuan LIRA disetiap kecamatan.

“Bersama pengurus, saya berharap kedepan LIRA akan menjadi lebih baik dan konsisten memperjuangkan kepentingan public,” tegas Yulius.

LIRA merupakan lembaga yang bergerak dibidang pengembangan SDM, penyedia informasi dan penelitian, pusat pengembangan usaha UMKM, koperasi, advokasi serta pusat jaring kerja kerakyatan. Sistem organisasi LIRA menganut sistem pemerintahan RI, yakni Presiden LIRA (pimpinan pusat), Gubernur (Propinsi), Bupati (Kabupaten), Camat (Kecamatan).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s