Oknum PNS dan Mahasiswa Terjerat Kasus Narkoba


Polres Bengkayang melalui Kapolsek Kota berhasil menangkap basah dua orang Oknum PNS dilingkungan Pemda Bengkayang, yakni YS dan RN (keduanya perempuan) serta Seorang Mahasiswa, HK (pria) yang hendak mengkonsumsi obat-obatan terlarang jenis sabu.Ketiganya tertangkap rumah kost YS yang terletak dijalan Tiga Desa, Bengkayang pada pukul 22.00, Minggu Malam (8/8) oleh enam orang anggota Polsek dan dua orang Anggota Polres. Dari penyergapan tersebut, selain mengamankan ketiga oknum tersebut, pihak Kepolisian juga mengamankan sedikitnya tiga barang bukti.

“Satu paket Narkotika Golongan I Jenis Sabu, dua buah korek gas dan Bong atau alat isap yang terbuat dari botol larutan penyegar (Lasegar),” sebut Kapolres Bengkayang, AKBP Mosyan Nimitch melalui Kapolsek Bengkayang, IPTU M. Kuswicaksono di Mapolsek Bengkayang, Kamis (12/8).

Terkait penangkapan tersebut, hingga saat ini ketiga orang tersebut masih diamankan di sel tahanan Mapolsek untuk dimintai keterangan guna memperoleh informasi lainnya lebih lanjut dalam pengembangan kasus. Sementara, mengenai status ketiganya, Kuswicaksono menyebutkan baru satu orang, yakni YS yang telah ditetapkan sebagai tersangka atas kepemilikan Sabu.

BB Sabu

Lebih lanjut, dalam keterangan yang disampaikannya, Kuswicaksono masih enggan menyebutkan darimana asal barang (Sabu) yang dimiliki tersangka, hal ini menurutnya demi kepentingan penyidikan. Namun pada kesempatan itu pula, Ia menuturkan asal barang tersebut kemungkinan berasal dari Singkawang ataupun Bengkayang sendiri.

“Masih rahasia, nanti setelah perkembangan lebih lanjut, pasti akan kita beritahu darimana asal barang tersebut,” tegasnya.

Disebutkannya, penangkapan terhadap ketiga orang itu merupakan kejadian pertama pada tahun 2010 ini dalam kasus Psikotropika di wilayah hukum Polsek Bengkayang. Atas kejadian ini pula, ketiganya dijerat sesuai dengan UU Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan hukuman minimal lima tahun penjara.

Satu Ditahan, Dua Dilepas

Masih ingat penangkapan dua orang oknum PNS dan seorang Mahasiswa terkait kasus Narkoba pada pada pukul 22.00, Minggu Malam (8/8) oleh enam orang anggota Polsek dan dua orang Anggota Polres dirumah kost YS yang terletak dijalan Tiga Desa, Bengkayang? Kini, dari ketiga oknum tersebut, satu orang, yakni YS masih ditahan di Sel Mapolres Bengkayang, sementara dua orang lainnya, yakni YN dan HK sudah dilepas.

“YS masih ditahan sementara YN dan HK sudah dilepas, namun kedua orang yang dilepas tersebut harus wajib lapor, seminggu 2 kali,” kata Kapolsek Bengkayang, IPTU M.Kuswicaksono, Rabu (1/9) diruang kerjanya.

Berdasarkan keterangan Kuswicaksono, penahan terhadap YS terkait kepemilikannya atas Obat-obatan Psikotropika MDMA Golongan I jenis Sabu. Selain itu dimaksud untuk membantu proses penyidikan selanjutnya. Sedangkan dua orang lainnya, YN dan HK dilepas karena tidak dapat dijerat dengan pasal tertentu.

Lebih lanjut, Kuswicaksono menyebutkan berkas perkara masih dalam proses penyidikan. Berkas tersebut baru akan dilimpahkan ke pihak Kejaksaan apabila persyaratan yang diperlukan sudah lengkap. Mengenai saksi, selain kedua oknum tersebut, Kuswicaksono mengatakan pemilik kost juga akan dijadikan saksi dalam kasus tersebut. Terkait asal barang bukti, Kapolsek tidak bersedia membeberkan darimana asalnya.

“Kapan waktu penyelesaian kasus ini belum dapat dipastikan,” tandasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s