Dua Triwulan Terlewati, ADD Belum Cair


“Kejadian ini sudah berlangsung sejak tahun 2008,” kata Kepala Desa Suka Bangun, Kecamatan Sungai Betung, Juli ketika ditemui, Rabu (14/7) di Bengkayang.

Hal itu diungkapkannya terkait hingga dua kali Triwulan pencairan dana Anggaran Dana Desa (ADD) yang masih belum dicairkan. Bengkayang memiliki 122 desa, 2 kelurahan dari 17 Kecamatan. Dana ADD seharusnya diperoleh setiap tiga bulan sekali selama satu tahun. Satu tahun berarti empat kali dicairkan.

“Sejak tahun 2008 dana ADD tak pernah cair pada triwulan pertama dan kedua,” sebut Kepala Desa yang memimpin 1358 jiwa dari 339 Kepala Keluarga (data tahun 2009) yang tersebar di dua dusun, Sebawak dan Sepoteng itu. Dana ADD yang diberikan kepada desanya senilai Rp.102.114.000 selama satu tahun.

Ditempat berbeda, Kepala Desa Lamolda, Gregorius Muksin mengakui hal yang sama, dimana sampai saat ini dana ADD untuk desa yang dipimpinnya masih belum dicairkan. Dengan demikian, selama tahun 2010 ini, para perangkat desa belum sekalipun menerima honor yang diperoleh dari dana ADD. Perangkat desa tersebut mulai dari Kepala Adat, Ketua RT, Dusun, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Ketua Tim PKK, termasuk Kepala Desa sendiri. Muksin, yang memimpin 864 jiwa dari 175 KK yang tersebar di Dusun Barelamat dan Baremada itu menyebutkan tahun ini, desanya akan menerima dana ADD sebesar Rp.100.792.700.

“Saat ini kami masih menunggu proses pencairan dana ADD sambil melengkapi berkas administrasi yang dibutuhkan,” tandas Alumnus Fisipol Untan ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s