Kecamatan Lumar Segera Miliki BP3K


Upaya meningkatkan berbagai produk pertanian di Kecamatan Lumar perlu didukung beragam faktor penting, termasuk faktor pengetahuan yang harus dimiliki petani, sarana dan prasarana lain sangat dibutuhkan. Oleh karena itu tak salah bila di daerah hasil pemekaran kecamatan Ledo ini dibangun Balai Penyuluhan Pertanian, Peternakan dan Kehutanan (BP3K). Dimana dengan keberadaannya, BPP memegang peranan penting dalam meningkatkan mutu dan kualitas para petani maupun peningkatan produksi pertanian. Berdasarkan pengumuman pelelangan umum Dinas Pertanian Nomor : 03/PPBJ/DISTAN/2010 yang diumumkan di Harian Borneo Tribune, tahun ini di kecamatan Lumar akan dibangun BPP. Dari pengumuman itu juga menyebutkan anggaran pembangunan gedung tersebut mencapai Rp.350 juta yang terlebih dahulu diadakan pelelangan kepada para Kontraktor.

“Pembangunan itu perlu kita dukung karena penting bagi petani setempat dalam meningkatkan produksi pertanian mereka yang akhirnya berguna dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat,” kata salah seorang masyarakat, Subarjo, Sabtu (3/7) melalui telefon. Namun, penyandang Sarjana Sosial Fisip Untan ini mengingatkan masyarakat agar tidak mengabaikan pengawasan terhadap pembangunan fasilitas itu nantinya sehingga pembangunannya dapat dikerjakan dengan maksimal, bukan asal jadi.

Selain pembangunan BPP, pada tahun ini melalui Dinas Pertanian, dikecamatan Lumar juga akan diadakan perluasan sawah baru di Dusun Jelatok, Desa Seren Selimbau dengan luas 16 Hektar serta dengan pagu dana Rp.120 juta.

Berkaitan dengan pembangunan BP3K tersebut, Kasi Sarana, Prasarana Tanaman dan Hortikultural Dinas Pertanian Bengkayang, F. Kumas, Senin (5/7) dikediamannya mengatakan pembangunan tersebut akan mengambil tempat di Jalan Jelatok, Dusun Lumar, Samping SMA Negeri 1 Lumar. “Pembangunan BP3K itu merupakan program pemerintah. Dimana dengan program tersebut, setiap kecamatan akan memilikinya (dibangun),” kata Kumas. Dikatakannya, diadakannya BP3K dimaksud untuk meningkatkan kualitas para petani disetiap kecamatan serta memudahkan koordinasi antar petani ataupun kelompok tani dikecamatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s