Calon Pemimpin Bengkayang, Dari Wakil Bupati Hingga Kepala Desa


Februari 2010

Seperti yang sudah diketahui ramai pihak, hasil yang diperoleh KPU Bengkayang saat pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang periode 2010-2015 yakni mendapatkan sebanyak enam calon pasangan yang mendaftarkan diri. Keenam calon pasangan tersebut, yakni Pasti-M.Yunus, Suryadman Gidot-Agustinus Naon, Jupi-Joni Abdullah, Moses Ahie-Sebastianus Darwis, Mariadi-F.Markim dan Petrus SA-Ruma Rupama maju setelah diusung partai politik yang ikut serta pada Pemilu Legislatif 2009 yang lalu, baik yang memiliki perwakilan di DPRD maupun tidak.

Namun ternyata, motivasi para kandidat itu mencalonkan diri sungguh luar biasa, mereka tidak memandang latar belakang jabatan yang dipegang. Itu merupakan hak politik setiap warga Negara, dimana siapapun warga Negara Indonesia berhak memilih dan dipilih. Dari data yang berhasil dikumpulkan, para calon pasangan berasal dari berbagai latar belakang. Mulai dari Wakil Bupati (Suryadman Gidot), Ketua dan Anggota DPRD (Sebastianus, Mariadi, F.Markim, M.Yunus, Pasti Darwis), PNS (Moses Ahie, Agustinus Naon, Jupi, Ruma Rupama (PNS) hingga Kepala Desa (Joni Abdullah).

“Tergantung masyarakatnya lagi yang berhak menentukan figure mana (apabila memenuhi syarat) yang dianggap layak menjadi pemimpin Bengkayang lima tahun mendatang,” kata Ketua KPU Bengkayang, Eddy A,SH.

Menurutnya, sepanjang syarat dipenuhi sebagaimana yang telah diatur dalam perundang-undangan, hal itu tidak menjadi masalah karena itu merupakan hak setiap warga Negara. Ditambahkannya, semakin banyak latar belakang yang dimiliki calon pasangan tersebut, setidaknya itu akan memberikan banyak pilihan kepada masyarakat (pemilih) sebagai pemimpin yang dianggap layak membawa kemajuan bagi daerah ini. Hanya, Eddy menambahkan dengan banyaknya pilihan itu, masyarakat bersama pasangan dapat menjaga situasi kondusif di Bumi Sebalo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s