PDIP dan Tujuh Parpol Daftarkan Pasangan Mo-Dis ke KPU


Februari 2010

Terjawab sudah teka-teki yang selama ini menjadi pertanyaan bagi masyarakat Bengkayang, khususnya simpatisan partai berlambang Banteng dengan moncong putih terhadap pasangan yang akan diusung sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang. Berdasarkan Surat Rekomendasi Nomor: 3200/IN/DPP/II/2010 yang dikeluarkan DPP PDIP Tanggal 13 Februari 2010 dengan memperhatikan Surat DPD PDIP Kalbar Nomor: 10/IN/DPD-61/I/2010 Tanggal 26 Januari 2010 Perihal Usulan Rekomendasi Pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkayang, akhirnya memutuskan Drs. Moses Ahie, M.Si dan Sebastianus Darwis SE,MM sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang. Dengan dikeluarkannya Surat Rekomendasi tersebut, secara otomatis pasangan Mo-Dis (Moses Ahie dan Sebastianus Darwis) menyisihkan pesaingnya pada Rakercabsus DPC PDIP Bengkayang, akhir Nopember 2009 lalu, yakni pasangan Drs. Kristianus Anyim, M.Si dengan Ir. Djarsafuddin.

“Surat rekomendasi itu baru diterima hari ini (Minggu, 14/2) oleh DPC PDIP Bengkayang, sehingga rencana semula untuk mendeklarasikan pasangan calon yang diusung PDIP Bengkayang kemarin (Sabtu, 13/2) baru bisa terlaksana hari ini,” jelas Ketua DPC PDIP Bengkayang, Drs. Jacobus Luna, M.Si saat memberikan sambutannya dihadapan kader dan simpatisan PDIP di Aula Penginapan Ridho Bengkayang.

Dengan ditetapkannya pasangan Mo-Dis ini juga, Jacobus Luna yang saat ini juga menjabat sebagai Bupati Bengkayang menghimbau kepada para kadernya mulai saat ini bersama-sama memperjuangkan pasangan tersebut sehingga dapat menjadi Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang. Selain itu, Jacobus Luna juga meminta agar surat rekomendasi penetapan pasangan itu untuk segera disosialisasikan hingga ke tingkat pengurus anak ranting. Minggu (14/2), bersamaan dengan hari terakhir tenggat waktu pendaftaran calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang yang diberikan KPU Bengkayang. Pukul 14.00, KPU menyatakan pasangan ini resmi mendaftarkan diri.

Pasangan Mo-Dis sendiri diusung oleh PDIP yang notabenenya memiliki perwakilannya di DPRD Bengkayang, yakni sebanyak 5 kursi. Namun, pada saat pendeklarasian pasangan ini di Aula Penginapan Ridho yang selanjutnya diajukan ke KPU, sedikitnya ada tujuh partai yang menyatakan diri berkoalisi dengan PDIP guna mendukung pasangan ini. Dua partai diantaranya memiliki perwakilan di DPRD, yaitu partai Demokrasi Pembaharuan (1) dan Partai Buruh (1). Ketujuh partai itu yakni, Partai Demokrasi Pembaharuan (2629 suara), Buruh (2245 suara), PPRN (1495 suara), PPDI (781 suara), PBR (1267 suara), Gerindra (1553 suara) dan Partai Barisan Nasional (2016 suara).

“Gabungan dari semua partai tersebut, termasuk PDIP (16.414 suara) secara keseluruhan berjumlah 28.400 suara atau sebesar 27,69 persen dari 102.544 suara sah pada Pemilu legislative 9 April lalu,” terang Ketua KPU Bengkayang, Eddy A.,SH.

Proses penyampaian berkas pendaftaran di KPU tidak memerlukan waktu lebih dari satu jam, semua berkas yang diminta diserahkan oleh pasangan melalui Tim Kampanye-nya. Seperti tiga calon pasangan yang terlebih dahulu mendaftarkan diri, calon pasangan Mo-Dis ini kemudian diberikan kesempatan oleh KPU Bengkayang untuk menyampaikan kata sambutan. Dalam kata sambutannya, Moses Ahie menyampaikan rasa terimakasihnya kepada KPU yang telah menerima berkas pendaftaran mereka dan kepada kader PDIP dan pendukungnya bersama-sama memperjuangkan pasangan Mo-Dis untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang periode 2010-2015 mendatang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s