*Debat Publik Pasangan Cakada Bengkayang Pimpinan Umum Borneo Tribune Jadi Panelis



Rangkaian pelaksanaan kampanye terbuka Pemilukada Bengkayang 2010, KPU akan mempertemukan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang dalam kegiatan debat pasangan calon yang digelar, Senin (3/5) di Aula Kantor Bupati.

Anggota KPU Bengkayang Pokja Kampanye, Martinus Khiu menjelaskan, tujuan diadakannya Debat Publik ini mencakup beberapa hal pokok yakni bertujuan untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat sehingga menumbuhkembangkan kesadaran politik masyarakat agar dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan politik pada umumnya, terutama pada Pimilukada 2010 ini. Kemudian tujuan lainnya adalah guna memfasilitasi pasangan Cakada dalam menyebarluaskan visi, misi dan program kerjanya kepada masyarakat. Serta bertujuan untuk merealisasikan program kerja KPU Bengkayang pada pelaksanaan Pemilukada 2010.

Guna menghasilkan debat publik pasangan Cakada yang berkualitas, KPU Bengkayang telah menunjuk beberapa orang Panelis yang dianggap berkompeten dibidangnya masing-masing. Panelis merupakan orang yang ditunjuk oleh KPU untuk menyampaikan pertanyaan-pertanyaan kepada setiap Pasangan Cakada.

“Penunjukkan Panelis itu terlebih dahulu dikoordinasikan dengan pasangan calon,” kata Martinus Khiu, Jumat (30/4) di Aula Paroki Bengkayang.

Ia menyebutkan, Debat Publik tersebut, KPU Bengkayang telah menunjuk tiga orang Panelis, yakni Pimpinan Umum Harian Borneo Tribune dan Sekretaris Dewan Pendidikan Kalbar, H. Nur Iskandar, SP. Direktur Perusda Aneka Usaha, Drs. P. Florus serta Dekan Fisipol Untan, Prof. AB. Tandililing MA.

Debat Publik ini digelar sebanyak dua putaran. Putaran I dimulai pukul 13.00 s.d 15.00 WIB dan Putaran II mulai pukul 15.10 s.d 17.30 WIB. Sementara itu, materi yang akan disampaikan meliputi tiga aspek kehidupan, yakni (1). Pendidikan, Kesehatan, Budaya, Pemuda dan Olahraga. (2). Peningkatan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat. (3). Pemerintahan dan Supremasi Hukum.

Dihubungi via telepon seluler, H. Nur Iskandar, SP., mengatakan memang benar dirinya ditunjuk oleh KPU Bengkayang sebagai Panelis. Saat ini, dirinya tengah mempersiapkan diri dengan menyusun draft pertanyaan mendasar yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat di Bumi Sebalo. Namun apa-apa saja pertanyaan yang akan disampaikannya, Pria yang akrab disapa Nuris ini enggan menyebutkannya.

“Nanti dulu. Pertanyaan-pertanyaan yang akan disampaikan belum bisa dibeberkan sekarang. Pada waktu pelaksanaannya nanti baru kita keluarkan,” ujarnya.

Belum dibeberkannya berbagai pertanyaan yang akan disampaikan Ia dan Panelis lainnya adalah guna menciptakan debat yang berkualitas dengan jawaban yang benar-benar murni dari setiap pasangan tanpa terlebih dahulu dipersiapkan, karena jawaban yang akan disampaikan pasangan akan didengar langsung oleh para masyarakat luas.

Sementara itu, guna mengamankan kegiatan Debat Publik tersebut dan menghindari berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan, Kapolres Bengkayang, AKBP Mosyan Nimitch menyebutkan pihaknya akan mengerahkan 370 personilnya atau 2/3 kekuatan Polres.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s