Khawatir Dengan Keberadaan Orgil dan Gepeng Krisantus


Melihat kondisi kota Bengkayang dalam kurun waktu terakhir ini sudah dihiasi dengan semakin bertambahnya keberadaan orang gila (Orgil) dan gelandangan, Ketua LSM Aliansi Masyarakat Akar Rumput, Frans Asok mengaku kekhawatirannya bila hal itu terus dibiarkan.

“Yang kita khawatirkan terhadap keberadaan orgil dan gepeng ini adalah akan mengganggu tata kota Bengkayang dan juga akan menimbulkan penyakit baru (penyakit sosial) bagi Pemda setempat,” kata Asok yang ditemui, Selasa (6/10) di Perwakilan Media ini.

Seperti yang tampak setiap hari dipasar Bengkayang, Orgil dan Gepeng tidak mengenal siang dan malam selalu ada saja yang berkeliaran. Selain menggangu pemandangan, keberadaan mereka juga tidak menutup kemungkinan akan mengganggu keamanan masyarakat lainnya.

Oleh karena itu, Fran Asok mengharapkan agar instansi terkait yang memiliki kaitannya terhadap penanganan Orgil dan Gepeng, seperti Dinsosnakertrans, Kesbanglinmas, BPPMP, Dinkes mestinya segera mengambil tindakan. Salah satunya dengan merazia Orgil dan gepeng yang berkeliaran di pingggir jalan maupun di pusat-pusat perbelanjaan, untuk di tampung dan direhabilitasi di tempat penampungan, sehingga keberdaa orang gila tersebut tidak menggangu masyarakat.

“Takutnya pada masa mendatang, akan sulit ditangani,” tandas Asok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s